Jakarta – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 1 Badan Otonom HIPMI-PT BPP HIPMI yang digelar pada 2-3 Oktober 2015 di The Jayakarta Hotel Jakarta terselenggara dengan sukses. Rakernas ini dibuka secara resmi oleh Deputi Menteri Pemuda dan Olahraga, Sakhyan Asmara dan Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ini, beberapa hal dibahas. Antara lain mengenai Petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis) tata laksana organisasi HIPMI Perguruan Tinggi di setiap tingkatan mulai dari BPC, BPD, hingga BPP HIPMI. Selain itu, juga dibahas mengenai program kerja umum dan prioritas HIPMI-PT serta rekomendasi.

Ketua Umum HIPMI-PT Sumut, Syahrul Akbar yang hadir dalam Rakernas ini turut dalam sidang komisi B yang membahas tentang program kerja HIPMI-PT kedepan. Beberapa program kerja dari berbagai daerah diusulkan oleh para delegasi masing-masing BPD untuk dijadikan program Nasional.

HIPMI-PT Sumut yang sudah dikenal aktif melaksanakan program-program dan telah menerima HIPMI Awards sebagai HIPMI-PT Terbaik pada Musyawarah Nasional XV HIPMI yang digelar di Bandung pada Januari 2015 lalu mengusulkan program daerahnya. Namun, program tersebut bukan diusulkan langsung oleh delegasi Sumut, melainkan delegasi dari BPD Sulawesi Selatan.

Ketua HIPMI-PT Universitas Hasanuddin Makassar, Achmad Fauzy Ashari yang merupakan delegasi Sulawesi Selatan mengusulkan agar program HIPMI Trade Mission yang telah dilaksanakan HIPMI-PT Sumut pada Mei 2015 lalu untuk dapat dijadikan program Nasional.

Achmad Fauzy yang pada program HIPMI Trade Mission ASEAN 2015 turut dalam delegasi ke Singapore dan Malaysia mengatakan, bahwa program HIPMI Trade Mission ini sangat bermanfaat sekali. Selain dapat mempererat brotherhood internal HIPMI-PT sendiri, program ini juga dapat membuka jaringan bagi anggota HIPMI-PT terhadap pasar global, investasi, dan juga membuka cakrawala para anggota HIPMI-PT mengenai industri di berbagai sektor melalui program Company Visit yang terdapat didalamnya. Program ini pula dapat menjadi ajang silaturahmi antar pengurus HIPMI-PT Se-Indonesia, sehingga benar-benar tercipta networking baik antar anggota maupun dengan external HIPMI-PT itu sendiri.

Syahrul Akbar, Ketua Umum HIPMI-PT Sumut yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera Badan Otonom HIPMI-PT BPP HIPMI menyampaikan, dalam program HIPMI-PT Sumut Trade Mission ASEAN 2015 lalu diikuti oleh 35 orang delegasi yang terdiri dari 3 provinsi se-Indonesia. Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Syahrul berharap kedepan program ini dapat dilaksanakan dan diikuti oleh lebih banyak lagi delegasi dan melibatkan provinsi-provinsi lainnya. Sehingga manfaat dari program HIPMI-PT ini dapat dirasakan oleh seluruh daerah yang ada di seluruh nusantara.

(Jalu)

loading...