Menteri Kehakiman Hongkong Mr. Rimsky Yuen berkunjung ke Indonesia guna menghadiri pertemuan bilateral antara Kementerian Kehakiman Hongkong dengan Kejaksaan RI yang diselenggarakan di Sasana Pradana Kejaksaan Agung (18/9) dini hari.

Selain Menteri Kehakiman Hongkong acara tersebut dihadiri pula oleh Anggota Delegasi Hukum dan Perdagangan Hongkong, Tim Konsulat Jenderal RI di Hongkong, Jaksa Agung Muda Pembinaan, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara serta Pejabat Eselon II Kejaksaan Agung.

Dalam sambutannya Jaksa Agung mengatakan bahwa kehadiran delegasi Kementrian Kehakiman Hongkong tersebut akan memperkuat semangat persahabatan dan kerjasama yang telah terjalin erat antara kedua belah pihak khususnya dibidang penegakkan hukum.

Selama ini Departemen Kehakiman Hongkong telah banyak memberikan kontribusi dalam membantu kelancaran tugas-tugas konsul Kejaksaan pada KJRI di Hongkong serta melakukan kerjasama yang baik dalam penanganan permasalahan tindak pidana yang melibatkan Tenaga Kerja Indonesia maupun permasalahan hukum lainnya yang dihadapi Warga Negara Indonesia di Hongkong. Pada tahun 2008, Pemerintahan RI yang diwakili Jaksa Agung RI serta Pemerintah Hongkong yang diwakili Menteri Kehakiman telah menandatangani Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik Dalam Masalah-Masalah Pidana (Mutual Legal Assistance/MLA). Perjanjian tersebut telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Undang Undang Nomor 3 Tahun 2014 dan berlaku sebagai landasan bagi pelaksanaan berbagai kerja hukum antara kedua belah pihak sampai dengan saat ini.(Hefrizal)

loading...