Kendari, Pembawa Berita
Peringatan Hari Ulang Tahun TNI yang ke 70 di Sultra dipusatkan di Kota Kendari. Dengan mengambil lokasi di Bilangan Kendari Beach  peringatan HUT digelar dengan berbagai macam atraksi, parade  dan defile yang dipersembahkan kepada segenap warga Sultra khususnya warga Kota Kendari.

Nampak di tribun utama Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE., M.Si., Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, SH., M.Si., Wakil Gubernur Sultra, Brigjen TNI (Purn) H. Saleh Lasata, Kabinda Sultra Brigjen TNI Andi Sumangerukka, SE.,  Kajati Sultra H. Andi Nurwina SH., MH. Wakapolda Sultra Kombes Pol Drs.  Razali, SH., Danrem 143/HO Kolonel CZI. Ridho Hermawan, M.Sc. Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi, SH., Danlanud Wolter Monginsidi Kendari Letkol (Pnb) Rizaldy Efranza, ST. dan para Komandan Satuan TNI di Wilayah Sultra.

Di hadapan Gubernur Sultra dan para petinggi Militer dan Sipil di daerah ini  para prajurit TNI baik dari matra Darat, Laut dan Udara menyuguhkan berbagai macam keterampilan militer baik berupa Beladiri Militer (Yong Moo Doo),  simulasi serbuan pantai, atraksi drone (pesawat intai tanpa awak)  maupun pertempuran jarak dekat.

Selain itu dipertontonkan pula atraksi pematahan besi oleh Danrem 143/HO, Danlanal Kendari, Danlanud Wolter Monginsidi Kendari, Kasrem 143/HO dan Dandenkes Korem 143/HO. Baik atraksi oleh prajurit maupun para Komandan Satuan, pertunjukan tersebut menarik perhatian ribuan warga kota yang memadati sepanjang Pantai Kendari Beach.

La Dini salah seorang warga Kota Kendari kepada Pembawa Berita mengatakan kekagumannya atas keterampilan yang dimiliki oleh para prajurit TNI. “Luar biasa kemampuan prajurit TNI, kita harus bersyukur memiliki prajurit TNI yang memiliki kemampuan untuk menjaga keutuhan NKRI” ujar pria asal Muna tersebut. Senada dengan itu Medy kepada media ini mengatakan rasa takjubnya atas kemampuan tempur yang dipertontonkan oleh satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) pasukan elit milik  TNI AL dalam membaskan kapal yang disandera bajak laut. “Dari mana datangnya itu Kopaska, tiba-tiba sudah ada di darat” ujar Medy terheran-heran. 

Sementara itu Ito warga Lapulu Kota Kendari sangat mengapresiasi kemampuan yang dimiliki oleh para Komandan dalam mematahkan besi. “Mudah-mudahan peringatan HUT TNI di masa-masa mendatang, tetap menyuguhkan atraksi seperti ini” harapnya. (Enel- Sultra)

loading...