Kendari – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tenggara tidak pernah berhenti berinovasi untuk kesejahteraan Nelayan di Sultra.

Hasilnya adalah pada tahun 2016 mendatang Pemerintah Pusat mengalokasikan dana ratusan milyar Rupiah untuk pengembangan kehidupan nelayan di Sultra.Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sultra Ir. Askabul Kijo Senin (12/10) kepada pembawaberita.com di sela acara Lounching Festival Pulau Bokori Tahun 2015.

“Khusus untuk pemberdayaan Nelayan Insya Allah tahun depan,  kita akan adakan bantuan program senilai Rp. 152 Milyar,” ujar Askabul.

Dikatakannya program ini berupa bantuan pengadaan kapal ukuran GT 5 – GT 30 bagi kelompok nelayan, “Mekanismenya disesuaikan dengan usaha masyarakat yang ada, bukan yang baru, jadi bukan yang baru.  artinya kalau diberikan kepada yang baru dikhawatirkan tidak beroperasi” katanya lagi.

Ditambahkannya program ini  merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberdayakan nelayan dalam upaya  meminimalisir penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Selain itu kata dia pemerintah akan memberikan program pembangunan Pabrik pembuatan es curah yang akan diperuntukan buat nelayan-nelayan kecil yang ada di pelosok, “Mungkin ada sekitar sepuluh hingga lima belas yang akan dibangun dan kapasitas produksinya mencapai 1, 5 ton per hari” katanya lagi.

Program ini dimaksudkan untuk mengendalikan mutu atau produk hasil tangkapan nelayan, sehingga kualitas hasil tangkap tersebut tetap terjaga. ” Kita berharap  nanti lengkap, nanti ada alat tangkapnya kalau sudah ada hasilnya jangan busuk harus kita awetkan sehingga harganya masih tetap bagus, hingga masyarakat yang mengkonsumsinya masih nyaman dan aman karena kita mengkonsumsi ikan segar” tutupnya.

(Enel)

loading...