Jakarta – Rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat tanggal 25 Oktober mendatang, selain jadwal untuk bertemu dengan Presiden Obama, Jokowi juga ingin bertemu dengan petinggi PT. Freeport di Amerika.

Pertemuan antara Jokowi dan eksekutif PT. Freeport – McMoran Inc. diperkirakan untuk membahas perpanjangan kontrak baru lebih awal dari yang dijadwalkan.

Bahkan Lin Neumann, direktur dari American Chamber of Commerce di Indonesia, mengatakan jika telah ada perubahan positif dalam arah dan suasana pemerintah terhadap lingkungan investasi yang lebih terbuka, ujar Neumann usai melakukan pertemuan tertutup dengan para menteri sebelum perjalanan Jokowi ke Amerika.

Rencana Jokowi ke Amerika juga untuk membujuk pihak perusahaan Apple yang akan dijadwalkan dalam acara makan malam bersama dengan CEO Tim Cook agar mau melakukan investasi di bidang timah di Bangka Belitung, Indonesia.

Jokowi juga akan bertemu dengan pihak Google dan mendiskusikan meningkatkan akses Internet nirkabel ke Papua dan wilayah Indonesia lainnya dengan menggunakan balon pintar.

Jokowi, juga mengharapkan untuk eksekutif dari Facebook dan Microsoft, untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia membangun pusat pendidikan yang akan membantu membuat negara pusat teknologi regional.

(jall)

loading...