PB, JAKARTA : Presiden Joko Widodo telah memerintahkan untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak bencana asap di Kalimantan dan Sumatra.

Dalam evakuasi nanti, Presiden mengintruksikan harus telebihh dulu mengutamakan bayi, anak-anak, ibu hamil, dan usia lanjut.

Mendapatkan perintah tersebbut Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan langsung berkoordinasi dengan pihak TNI untuk mengerahhkan armadanya.

“Kami melalui TNI dan Pelni sudah siapkan kapal perang maupun Pelni untuk menjadi tempat pengungsian di daerah tertentu, di Sumatera maupun di Kalimantan,” kata Luhut Binsar Panjaitan, usai hadiri rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jumat (23/10/2015).

Menurut Luhut, kapal-kapal perang tersebut telah siap sewaktu – waktu, sebab, pemerintah tidak yakin asap bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

Luhut menjelaskan TNI akan siapkan enam kapal. Pembagiannya tiga kapal akan ditempatkan di Kalimantan dan tiga lagi di Sumatra.

“Begitu serius pemerintah tanggapi ini, jadi Presiden sudah perintahkan para menteri yang hadir di sini untuk semua berbuat sesuai dengan apa yang sudah kami rencanakan,” tutup Luhut. (Lus)

loading...