PB, Jakarta – Penggunaan laut sebagai media perhubungan, pelayaran dan perdagangan telah dimanfaatkan sejak dahulu hingga sekarang dan hampir 99,5 persen pergerakan roda perekonomian di dunia adalah melewati jalur laut, volume muatan meningkat delapan kali sejak tahun 1945 dan cenderung semakin meningkat sampai sekarang.

Salah satu isu keamanan laut/maritim yang akhir-akhir ini menjadi perhatian besar dari berbagai negara adalah aktivitas illegal di laut salah satunya perompakan. Kegiatan ini telah meningkat dalam lingkup, intensitas dan kompleksitasnya sehingga mengancam kondisi sosial, ekonomi dan politik suatu negara dan kawasan sekitar.

Terkait dengan hal tersebut, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) berinistiatif menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pengamanan Jalur Perdagangan Laut yang Kuat antar Negara Tetangga Dalam Rangka Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”.

Yang akan diikuti Kotama-Kotama TNI AL Wilayah Barat, mahasiswa UNJ, STIE dan STIMMI serta 178 Pasis Seskoal Angkatan ke-53 TP 2015 dengan menghadirkan 5 orang pembicara yakni Kasubdit PMKK DITKAPEL Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Ir. Junaidi, The Head of Tanker Division Capt. Witono Suprapto, Corporate Secretary Kiki Mohammad Hikmat, S.Ip, M.Sc dan Hub. Eksternal PTP Pusat, Kasubdis Survei Hidrosoceanografi Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Trismadi dan perwakilan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-53  Mayor Laut (P) Ferry H. Hutagaol.

Kegiatan ini dibuka Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M yang turut dihadiri Rektor STIMA IMMI Dr. Zulkifli Rangkuti, S.E, M.M., para pejabat utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal.

Dalam Seminar sehari tersebut Kasubdit PMKK DITKAPEL Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Ir. Junaidi menyampaikan materi tentang Pengamanan Jalur Perdagangan Laut yang Kuat antar Negara Tetangga Dalam Rangka Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

The Head of Tanker Division Capt. Witono Suprapto menyampaikan makalah Pengamanan Jalur Perdagangan Laut dari Perspektif Pelaku Usaha Pelayaran Nasional, Corporate Secretary dan Hub. Eksternal PTP Pusat Kiki Mohammad Hikmat, S.Ip, M.Sc  dengan materi Supporting National Resiliance in The Midst of Global Competitio, Kasubdis Survei Hidrosoceanografi Kolonel Laut (KH)

Dr. Ir. Trismadi dengan makalah Penyiapan Jalur Perdagangan Laut yang aman dalam Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan perwakilan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-53  Mayor Laut (P) Ferry H. Hutagaol dengan materi Desain Pembentukan Asean Maritime Security Coordinating Board (AMSCB) Guna Pengamanan Jalur Perdagangan Laut Kawasan Asean Dalam Rangk Mewujudkan Negara Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M berharap agar kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pada upaya untuk menciptakan lingkungan laut yang stabil dan aman, untuk dinikmati oleh semua bangsa.

(Agus)

loading...