PB Jember, Sebanyak 1400 jamaah Haji Jember terima dana pengembalian biaya pembuatan paspor dari kantor Kemenag Jember. Masing-masing jamaah disebutkan menerima uang pengembalian sebesar Rp 360 ribu.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jember mulai mencairkan dana pengembalian biaya paspor kepada 1400 jamaah Haji Kabupaten Jember tersebut berdasarkan data yang berhasil dihimpun, hingga saat ini pencairan telah mencapai 50 persen.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Jember, Misbahul Munir Rabu (28/10) siang kepada sejumlah wartawan menjelaskan, bahwa pencairan ini diperuntukkan bagi jamaah haji yang membuat paspor per Januari 2015.

“Sebab, pada saat itu Jamaah membuat paspor menggunakan dana pribadi mereka. Sehingga Kemenag berkewajiban mengembalikan biaya pembuatan paspor tadi kepada jamaah haji,” jelas Munir saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan.

Munir menyebutkan bahwa untuk masing-masing jamaah mendapatkan pengembalian senilai Rp 360 ribu. Total dana pengembalian biaya paspor untuk Kabupaten Jember mencapai Rp 500 juta lebih.

“Proses pencairan dana pengembalian biaya paspor dilakukan secara bertahap, mengingat dana yang diturunkan dari Kementerian Agama tidak secara utuh. Ketika dana dari pusat telah turun, maka Kemenag akan langsung mengkonfirmasi Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing wilayah, untuk selanjutnya mensosialisasikan informasi ini kepada jamaahnya,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Munir menghimbau kepada jamaah haji untuk menunggu informasi dari KUA setempat dalam proses pengambilan biaya paspor.

Lebih lanjut Munir menjelaskan, hingga saat ini pencairan telah dilakukan di 15 kecamatan. Yakni, kecamatan Ajung, Sumbersari, Kaliwates, Mayang, Wuluhan, Jombang, Kencong, Umbulsari, Sukorambi, Rambipuji, Pakusari, Suskowono, Suberjambe, dan kecamatan Bangsalsari.

“Sedangkan 16 kecamatan sisanya masih menunggu tahap selanjutnya,” pungkasnya. (tik)

loading...