PB, Kutoarjo – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkejut saat mendapati pelayanan E-KTP di kantor Kecamatan Kutoarjo macet.

Hal itu diketahui saat gubernur meninjau ruang pelayanan kependudukan di kantor kecamatan setempat usai melaunching Samsat Online Paten di Kutoarjo, Jumat (30/10/2015).

Kepada petugas pelayanan administrasi kependudukan, gubernur menanyakan sebab-sebab terhambatnya pelayanan E-KTP.

Petugas menjelaskan bahwa kemacetan berasal dari pusat. Tidak puas mendengar jawaban petugas, Ganjar langsung menelepon Dirjen Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fatrullah.

Kepada Dirjen, Ganjar menanyakan musabab macetnya pelayanan E-KTP. “Menurut Pak Dirjen, saat ini jaringan online KTP terhambat karena sedang dalam masa peralihan dari Indosat ke Telkomsel,” kata gubernur kepada awak media.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto menjelaskan, tersendat-sendatnya proses pembuatan E-KTP sudah berlangsung seminggu ini.

Untuk itu ia minta masyarakat bersabar sampai peralihan provider selesai. “Sebenarnya tidak macet total. Kadang on, kadang off. Dan ini terjadi di seluruh Indonesia,” tandas Sukmo

(Rasikun)

loading...