PB, Kutoarjo : Adanya perbaiakan jembatan di Kelurahan Semawung Kembaran, Kecamatan Kutoarjo membuat arus lalu lintas menjadi tersendat. Jalan tersebut merupakan jalur Jalan Suren- Kutoarjo. Jembatan itu rencananya akan ditutup total. Arus lalu lintas dari arah selatan mulai dialihkan melalui Desa Kuwurejo dan Kelurahan Semawung Daleman. Sementara arus lalu lintas dari arah utara dialihkan melalui Desa Kepuh.

Salah seorang pekerja, Wahid mengatakan, pentupan jalan dalam perencanaan dilakukan selama tiga hari. Selama tiga hari itu, jembatan penghubung antar desa akan diperbaiki dengan mengganti kayu penyangga dan aspal jalan.

“Kondisi jembatan itu memang sudah perlu diganti sebab sudah tidak layak. Selama pengerjaan berlangsung, arus lalu lintas akan dialihkan,” katanya, Rabu (04/11/2015).

Terpisah, salah seorang warga Kelurahan Semawung Kembaran, Bermono menuturkan, pembangunan jembatan itu menyebabkan lalu lintas angkutan pedesaan (Kopada) mengambil jalur memutar sejauh satu kilometer. Akibatnya, biaya operasional angkutan menjadi membengkak dibanding biasanya.

“Ya, jelas ini biaya operasionalnya jadi membengkak,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, sejumlah pekerja sudah membongkar lapisan aspal jalan yang ada di atas jembatan. Sejumlah rambu-rambu pengalihan arus lalu lintas juga sudah dipasang di sisi selatan dan utara jembatan. Demikian dijelaskan pihak Kadis DPU Purworejo.(Rasikun)

loading...