PB, Jember – Sebanyak 30.429 orang dilantik sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Jember, Senin (9/11).

Pelantikan ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 2 tahun 2015 tentang tahapan, program dan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015.

Divisi Hukum, SDM dan Pengawasan KPU Jember, Muhammad Syai’in menjelaskan, untuk tiap TPS akan ditugaskan 7 personil, ” jumlah seluruh TPS sebanyak 4.347,” ujar Syai’in.

Syai’in memaparkan, tugas dan wewenang KPPS tertuang di PKPU nomor 3 tahun 2015 tentang tata kerja penyelenggara pemilu, beberapa diantaranya yakni mengumumkan dan menempelkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di masing – masing TPS, melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan membuat berita acara dan juga membuat sertifikat hasil rekap di masing – masing TPS.

“Sebelum menjalankan tugasnya, ada beberapa hal yang kami siapkan untuk KPPS. Salah satunya yaitu pemberian Bimtek (Bimbingan Teknis). Hal ini ditujukan agar mereka dapat memperdalam pemahaman tugas dan wewenangnya sebagai KPPS,” jelas Syai’in.

(tik)

loading...