PB, Palembang – Pesawat Rusia Amphibi Beriev Be-200 yang sudah beroperasi memadamkan api sejak 21 Oktober 2015 lalu, sebentar lagi akan mengakhiri tugasnya di Sumatera Selatan (Sumsel).

‪Pasalnya, dua unit pesawat beserta 20 kru pesawat hanya disewa memadamkan api selama satu bulan oleh PT Sinar Mas.

‪”Kontrak penerbangan selama 130 jam. Mungkin sekitar akhir November 2015 nanti tugas mereka akan selesai,” ujar Willem Rampangilei, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat diwawacarai PembawaBerita.com, Rabu (12/11/15).

‪Namun, pihaknya tidak bisa memastikan tanggal berapa. Karena pesawat BE-200 yang dioperasikan memadamkan kebakaran di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini tergantung dengan berapa jumlah jam penerbangannya.

‪”Kalau tidak terkendala teknis, mungkin 130 jam penerbangan bisa cepat terlaksana. Namun, jika terkendala teknis, mungkin bisa lebih lama,” lanjutnya.

‪Pesawat Amphibi BE-200 asal Rusia ini mampu mengangkut sebanyak 12 ribu liter air. Homebased pesawat ditempatkan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga memudahkan pesawat mengangkut air dan lebih dekat menuju ke lokasi kebakaran.

‪Dilanjutkannya, penambahan 5 unit pesawat Fixed Wing untuk membangu pemadaman juga sudah dilakukan. Namun, hanya difokuskan untuk pemadaman kebakaran di Kalimantan Tengah (Kalteng) saja.

‪”Sudah kita sewa, dan sekarang kita fokuskan di Kalteng saja. Di Sumsel sudah ada 7 heli dan 2 pesawat BE-200 Rusia,” pungkasnya

loading...