PB, Jakarta – Biasanya kalau acara reuni diadakan, untuk mengenang nostalgia dan kenangan-kenangan sesama rekan sekolah satu angkatan.

Namun kegiatan Alumni Pulau Gebe, begitu mereka menamakan diri mereka, akan menggelar reuni akbar pertemuan para mantan pelajar dan anak-anak yang pernah merasakan kehidupan di Pulau Gebe.

Mungkin banyak yang tidak tahu dimana Pulau Gebe, tepatnya di Kabupaten Halmahera Tengah, Propinsi Maluku Utara.

Pulau Gebe dahulunya adalah daerah kawasan penambangan nikel oleh perusahaan milik BUMN, PT. Aneka Tambang, yang memulainkegiatan sejak tahun 1980-an hingga tahun 2000, kemudian pindah ke Buli Halmahera Timur.

” Semua pegawai Antam yang bekerja di Pulau Gebe berasal dari daerah di Indonesia, bisa dikatakan Gebe dulu adalah Indonesia mini,” ujar Aji Bramantya, Sekretaris kegiatan Alumni.

Aji sendiri berasal dari suku Jawa dan mengakui jika kenangan semasa kecil di Pulau Gebe sangat berkesan buat dirinya.

Kegiatan Reuni Akbar Sepulau Jawa dan Pentas Seni Budaya Maluku Utara ini akan diselenggarakan, tanggal 26-27 Desember 2015 nanti, bertempat di Taman Mini Indonesia, Anjungan Maluku Utara.

Diselenggarakannya kegiatan ini bermaksud untuk memberikan masukan kepada masyarakat, terutama bagi para pelajar di Pulau Gebe saat ini, ” fasilitas disana lengkap bahkan ada juga lapangan golf, walaupun sudah tidak dikelola lagi,” ujar Adjie.

Masukan yang dimaksud, para peserta alumni 500 orang diharuskan untuk membawa buku dan majalah yang nantinya akan disumbangkan buat pelajar dan juga akan dibuka perpustakaan.

Selain itu untuk mengembangkan kreatifitas, akan dibuatkan sebuah radio FM yang nantinya akan dikelola oleh pelajar SMP dan SMA Pulau Gebe.

Untuk kegiatan lainnya, menurut Adjie akan di bentuk sebuah Yayasan Alumni yang nantinya akan di jadikan sebuah wadah demi kesejahteraan masyarakat Pulau Gebe.

” Yayasan ini nantinya akan lebih fokus dalam kegiatan sosial bagi masyarakat pulau Gebe, baik itu pengawasan dan pengembangan Pylau Gebe,” ujar Adjie, yang menambahkan jika saat ini Alumni Pulau Gebe yang tersebar mencapai 100.000 ribu, dari lulusan pertama SD tahun 1982 sampai SMA tahun 2014.

(Jall)

loading...