PB, Jakarta – Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat akan bersidang menyusul aduan Menteri ESDM Sudirman Said soal dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto.

Saat ini, kasus Setya Novanto terus bergulir dan siap disidangkan.

Berikut ini 17 anggota Mahkamah Kehormatan Dewan yang akan mengadili kasus Setya Novanto atas kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden.

1. DR KH Surahman Hidayat, MA, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.
Surahman Hidayat saat ini menjabat Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan. Selain itu, ia juga menjadi anggota Komisi Pendidikan DPR. Saat menggelar sidang putusan kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan Setya Novanto atas kemunculannya dalam kampanye salah satu kandidat calon Presiden Amerika dari Partai Republik, Donald Trump, kemarin, Surahman bertindak sebagai ketua.

2. DR Junimart Girsang, SH, MBA, MH, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Junimart Girsang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan. Selain itu, pengacara nonaktif ini menjadi anggota di komisi yang membidangi hukum.

3. Ir Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH, dari Fraksi Gerindra.
Saat ini, Sufmi Dasco menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan. Di parlemen, ia juga menjadi anggota Komisi Hukum.

4. Hardisoesilo dari Fraksi Golkar.
Hardisoesilo merupakan kolega Setya Novanto karena keduanya berasal dari Partai Golkar. Selain menjadi Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan, di parlemen ia ditempatkan di Komisi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Kelautan. Hardisoesilo ini disinyalir akan membantu Setya Novanto bersama anggota MKD dari Golkar lainnya.

5. H Sarifuddin Sudding, SH, MH, dari Fraksi Hanura.

6. DR Muhammad Prakosa, PhD, dari Fraksi PDIP.

7. Marsiaman Saragih dari Fraksi PDIP.

8. Drs H Dadang S. Muchtar dari Fraksi Golkar.

9. Budi Supriyanto, SH, MH, dari Fraksi Golkar.

10. Ir H Ahmad Riski Sadig dari Fraksi PAN.

11. Hang Ali Saputra Syah Pahan, SH, dari Fraksi PAN.

12. H.R. Muhammad Syafi’i, SH, M Hum, dari Fraksi Gerindra.

13. Drs H Guntur Sasono, M Si, dari Fraksi Demokrat.

14. H Darizal Basir dari Fraksi Demokrat.

15. Drs H Zainut Tauhid Sa’adi, M Si, dari Fraksi PPP.

16. H Acep Adang Ruhiat, M Si. dari Fraksi PKB.

17. Drs Fadholi dari Fraksi NasDem.

Senin (23/11), Mahkamah Kehormatan DPR  menggelar rapat untuk melanjutkan proses verifikasi yang telah mereka lakukan terhadap bukti laporan Sudirman Said ke MKD, yakni transkrip dan rekaman percakapan.(Lus)

loading...