Perjalanan tahun 2015, sangat spesial dalam hidup saya.

Saya belajar berpolitik, mengamati dan bersentuhan langsung dgn guru2 politik nasional yg handal.
Saya sangat tertarik dengan politik santun hasil diskusi saya dengan Profesor Mubarak, tapi saya menambahkan dengan politik santun dan bermartabat.

Awalnya saya sangat ragu untuk terjun langsung di dunia yang kata sebagian orang tak ada lawan dan teman abadi, yang ada adalah kepentingan.

Tapi di negara kita salah satu cara yang diatur oleh konstitusi untuk berjuang dan memperjuangkan rakyat serta pemerataan ekonomi adalah lewat parpol.

Mau tidak mau parpol adalah pilihan untuk mewujudkan itu.

Dengan modal keyakinan saya dan sahabat perjuangan, kami mendeklarasikan Partai Priboemi di pertengahan Agustus, tepatnya di tanggal 17, dengan harapan ada ruh perjuangan dan semangat kemerdekaan untuk mewujudkan kemerdekaan secara ekonomi bagi sebagian rakyat Indonesia yang masih jauh standar hidup yang layak.

Seiring berjalannya waktu saya menyadari bahwa Partai Priboemi terlalu sempurna untuk suatu perjuangan dan sangat jauh dari kemampuan atau daya juang yang saya miliki.

Saya merenungi kata bijak dari Pak Moeldoko:
“Kepemimpinan adalah gabungan dari karakter dan strategi. Tapi jika anda harus memilih satu diantaranya, jangan jadi pemimpin tanpa punya strategi !”

Sangat membuka wawasan saya untuk berjuang lebih jauh kedepan.

Akhirnya saya memutuskan untuk mundur dari Partai Priboemi dan menyerahkan kepada sahabat dan pejuang yang sesuai dengan karakter Partai Priboemi.

Dan saya memutuskan untuk berjuang dengan Partai Republiku Indonesia…

Yang menurut saya sesuai dengan karakter saya dan juga strategi yang melekat kepada saya.

Nasionalis Berbudaya adalah karakter yang melekat dengan diri saya dan juga Partai Republiku Indonesia

Semoga pembelajaran politik tahun 2015 saya dapat ambil hikmahnya dan dapat menjadi suatu semangat untuk tetap konsisten dalam perjuangan di tahun-tahun yang akan datang…

Terima kasih kepada sahabat perjuangan, tujuan kita semua sama apapun nama partai kita, NKRI, Pancasila, UUD 45 dan kemakmuran rakyat adalah landasan dan tujuan kita bersama…

“Karena Republiku itu Indonesia!”

Selamat tahun baru 2016

ketum republiku indonesiaMuhardi
Ketum Partai Republiku Indonesia

loading...