PB, Jakarta – Semakin gencarnya pemberitaan terkait dengan kasus Sumber Waras yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di KPK semakin membuat beberapa warga Jakarta melihat fenomena berputar dari Ahok untuk tetap mempertahankan jalur independen melalui Teman Ahok.

Gencarnya desakan kepada KPK untuk segera memeriksa Ahok terkait keterlibatannya dalam Sumber Waras bukan tidak mungkin Ahok harus segera melakukan manuver untuk mengamankan dirinya.

“Demo di jalan depan KPK dan juga gencarnya hestek yang memaksa KPK untuk menjadikan Ahok tersangka bukan tidak mungkin Ahok akan mempertahankan diri,” ujar Abdullah Kelrey Presidium Nusa Ina Institute.

Bahkan menurut salah satu tokoh muda Maluku Utara Jakarta, Darwis Sibua mempertanyakan kelompok Teman Ahok apa yang bisa diperbuatnya jika Ahok memerlukan perlindungan.

“Sumber Waras akan menjadi sebuah kejadian yang masuk dalam arena politik, dan Ahok harus mengambil langkah politis (gunakan partai), dan itu artinya Ahok semakin terjungkal elektabilitasnya,” ujar Darwis.

Bahkan Darwis memperkirakan jika Ahok dengan berpindah ke partai untuk menyelamatkan dirinya, dipastikan akan dibully besar-besaran di media sosial.

Bahkan langkah Ahok saat ini semakin dekat dengan pemeriksaan oleh KPK, ketika Ketua KPK Agus walaupun tidak membenarkan, namun juga tidak membantah jika pihak penyidik KPK telah memeriksa aset milik Ahok.

Namun Darwis berharap KPK tidak ikutan masuk ke ranah politik dalam sumber waras, “KPK murni harus melihatnya sebagai ranah hukum, dan tidak terpengaruh oleh siapapun,” ujarnya.

Bahkan dalam sebuah kesempatan dengan wartawan, ketua KPK juga menyatakan jika kasus sumber waras KPK sudah melibatkan PPATK, dan ini artinya keterlibatan Veronica Tan, istri Ahok, bisa turut serta, tambah Darwis.

(Jall)

loading...