PB, Kendari : Panglima Daerah Militer VII/Wirabuana Mayor Jenderal TNI  Agus Surya Bakti pada hari Sabtu (2/4/2016) meresmikan penggunaan Makodim 1311/Morowali. Kapendam VII/Wirabuana Kolonel CZI I Made Sutia melalui Kapenrem 143/HO Mayor Inf. Azwar Dinata, SH mengatakan  peresmian Makodim 1311/Morowali tersebut merupakan wujud nyata keberhasilan pembinaan teritorial yang merupakan tuntutan dan kewajiban yang mutlak harus dipenuhi oleh satuan komando kewilayahan. “Supaya tercipta situasi dan kondisi stabilitas keamanan yang mantap dan dinamis di wilayah Morowali” ujar Azwar kepada pembawaberita.com saat ditemui di ruang kerjanya (4/4/2016).

mayjen asb 2Dikatakannya keberadaan Kodim 1311/Morowali sebagai satuan komando kewilayahan memiliki peran yang sangat strategis dalam melaksanakan fungsi pembinaan teritorial guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam menghadapi segala ancaman yang dapat mengganggu jalannya pembangunan dan stabilitas keamanan di daerah tersebut. “Morowali kan berbatasan langsung dengan  Poso, jadi keberadaan Makodim 1311/Morowali jelas berpengaruh pada stabilitas keamanan di sana” ujar Azwar lagi.

Azwar menambahkan keberadaan Kodim 1311/Morowali yang membawahi 7 Koramil yang tersebar di wilayah Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara telah dirintis pada tahun 2015 lalu oleh Pangdam VII/Wirabuana sebelumnya (Mayjen TNI Bachtiar red). “Kodim 1311/Morowali ini sudah beroperasi sejak tahun 2015 yang lalu” katanya.

mayjen ASB 1Dikatakannya pula pembentukan Kodim 1311/Morowali merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Morowali dengan TNI Angkatan Darat. ‘Saat ini Korem 132/Tadulako  memiliki lima Kodim,  dan Kodim 1311/Morowali  ini merupakan Kodim ke tiga puluh tujuh di jajaran Kodam VII/Wirabuana” pungkas Azwar yang saat peresmian Makodim 1311/Morowali pekan lalu turut mendampingi Pangdam VII/Wirabuana. (Enel -Sultra.)

loading...