PB, Surabaya- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., mendampingi Asisten Operasi (Asops) Kasal  Laksda TNI I.N.G.N.  Ary Atmaja,S.E., meninjau Posko Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM). Acara kegiatan peninjauan Posko Latihan itu dilaksanakan usai acara pembukaan di Puslatlekdalsen Komando Pengembangan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) Bumimoro, Surabaya. Senin, (30/5).

Dalam amanatnya, Asops Kasal menyampaikan kepada seluruh peserta latihan diharapakan memahami dan menguasai mekanisme PPKM, dengan mempertajam kemampuan analisa tugas pokok sebagai acuan dalam proses perencanaan selanjutnya, dan mempertajam naluri perang melalui diskusi dalam menentukan Centrer Of Gravity (CoG) baik musuh maupun kawan atau pasukan sendiri sesuai skenario yang ada.

Selain itu agar para Perwira melaksanakan latihan ini dengan penuh semangat sesuai dengan perannya masing masing, maka bertindaklah sebagai Panglima atau Komandan. Hal-hal yang berkaitan dengan kunci kekuatan dan titik-titik kerawanan dari pihak sendiri maupun lawan, hal yang harus dilaksanakan adalah melakukan identifikasi  pusat kekuatan atau CoG, kerawanan maupun kelemahan musuh, yang pada dasarnya CoG meliputi totalitas dari berbagai aspek kemampuan dan kekuatan musuh, yang secara teoritis apabila diserang akan menghilangkan keinginan, semangat atau membatalkan niatnya untuk berperang. CoG musuh kita perlu menganalisa faktor-faktor untuk melindungi kerawanan, kekuatan kawan atau lawan ataupun pasukan sendiri, serta sumber daya yang dapat  mempengarui jalanya operasi.

Karena CoG sendiri tidak harus berupa suatu tempat ataupun kekuatan bersenjata, namun dapat juga berupa organisasi, proses atau tahapan operasi. Sebagai contoh, tahap penggelaran kekuatan dan jalur Komunikasi dapat dipertimbangkan sebagai salah satu faktor dari CoG kawan ataupun pasukan sendiri yang sangat rawan dari gangguan musuh sehingga memerlukan perlindungan. Latihan PPKM Ta. 2016 dalam rangka mendukung keberhasilan operasi gabungan TNI dan kampanye militer.

Acara dihadiri Komandan Kobangdikal Tri Wahyudi Sukarno,S.E.,M.M., Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru,S.H., Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur I.C. Lelono Wagub AAL Laksma TNI R.Edi Surjanto,S.E.,M.M., Komandan STTAL Laksma TNI Siswo, HS, S.T.,MMT., Kadispsial Laksma TNI Drs. Mithra, M.Com.,Karumkital DR. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra D.I.,Sp. B, Sp.BTKV  (K) dan Danpuspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E.,M.Sc.,serta undangan lainnya.

(Kamal/Dispenarmatim)

loading...