PB, Muna : Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W, SH  memimpin pelaksanaan panen raya ikan hasil budidaya tambak di Desa Napalakura Kecamatan Napa Balano Kabupaten Muna Sultra Senin (15/8/2016). /5). Kegiatan yang diawali dengan sarasehan terhadap ratusan warga desa di sekitar pesisir Kecamatan Napabalano tersebut juga  dihadiri oleh Kapolres Muna AKBP Yudith Satria Hananta, SIK, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Muna La Ode Pali Awaluddin, S.Pi,. M.Si dan Kepala BPMD, La Palaka, SE., M.Si.

ArisKomandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari,Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W, SH mengatakan  pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan harus senantiasa digalakkan demi kesejahteraan mereka. Kata dia kehadiran TNI AL dalam upaya pemberdayaan masyarakat pesisir merupakan salah satu upaya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui kedaulatan pangan. “Kalau ketahanan pangan kita baik maka ketahanan nasional kita juga akan baik” ujar Kolonel Aris Harijadi. Dikatakannya program pemberdayaan masyarakat pesisir merupakan salah satu program yang menjadi poin MoU (nota Kesepahaman) antara Kementrian Perikanan dan Kelautan dengan TNI AL. “Mou itu isinya antara lain : penelitian dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan perikanan serta ekosistem lingkungan laut,  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pemanfaatan pulau-pulau kecil, pengelolaan dan pemetaan tata ruang wilayah laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil, serta pendidikan dan pelatihan kelautan dan perikanan dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia” ujarnya lagi.

bahrun 1-1Untuk itu kata dia pihaknya perlu turun langsung melihat apa yang menjadi kesulitan ataupun  keluhan masyarakat dan apa yang bisa meningkatkan kesejahteraan mereka itu sendiri. Ditambahkannya sebagai salah satu desa yang berada di pesisir, Desa Napalakura memiliki potensi yang sangat baik untuk pengembangan budidaya tambak oleh karenanya pihaknya akan berupaya untuk melakukan pendampingan agar kesejahteraan masyarakat di Desa Napalakura dapat meningkat. “Saya  berharap melalui budidaya tambak, desa ini kedepannya bisa menjadi lebih baik dan desa ini akan menjadi desa percontohan desa lain di Kabupaten Muna” katanya.

bahrun-1Sementara itu Kepala Desa Napalakura Drs. Abdul Wahab mengatakan rasa terimakasihnya atas kunjungan Danlanal Kendari ke wilayahnya.

Menurutnya kunjungan dan pengarahan Danlanal terhadap warganya memberikan penguatan positif sehingga dapat memotivasi warganya untuk berbuat ke arah yang lebih baik lagi. “Kami sangat berterimaksih atas kunjungan Danlanal ke desa kami, kami berharap melalui Danlanal Kendari, pemerintah dapat memberikan perhatian yang lebih untuk optimalisasi  pemanfaatan sumber daya alam yang ada di desa kami” pungkasnya. (Enel-Sultra)

loading...