Editor's Rating

PB, Jakarta- Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., resmi menyandang pangkat bintang dua atau Laksamana Muda (Laksda) TNI usai melaksanakan laporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula kepada Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/9).

Kenaikan pangkat Pangkolinlamil ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 64/TNI/2016 tanggal 5 September 2016. Seperti diketahui, Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., telah dilantik menjadi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP pada Jumat, 19 Agustus 2016 yang lalu, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain Pangkolinlamil, sebanyak lima belas Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut lainnya juga melaksanakan pelaporan kenaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya kepada Panglima TNI, yang bersama-sama dengan 23 Pati TNI AD dan 11 Pati TNI AU.

Kelima belas Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut tersebut antara lain: Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M. (Dan Seskoal), Laksamana Muda TNI Daryanto (Kapushidrosal), Laksamana Muda TNI Ir. Muhammad Suyanto, (TA Pengkaji Bidang SKA Lemhanas), Mayjen TNI (Mar) Gatot Subroto (Wadanjen Akademi TNI), Mayjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, S.E. (Aspotmar Kasal), Laksamana Pertama TNI Jan Rahir Hasudungan, S.E. (Dirdok Kodiklat TNI), Laksamana Pertama TNI Janter Elias M., M.Si (Han)., CFrA (Iropslat Itjenal), Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr. (Han) (Dirdok Kodiklatal), Laksamana Pertama TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) (Dirjian Kodiklatal), Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) (Dirlat Kodiklatal), Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo (Direktur Operasi Laut pada Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla), Laksamana Pertama TNI Atok Dushanto, M.Sos.Sc. Pa Sahli Tk. II Kawasan Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI, Laksamana Pertama TNI Sunaryo (Irbin Itjenal), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi (Waka Pushidrosal) dan Laksamana Pertama TNI Drs. Edi Fernandi (Direktur Strategi Kamla Pada Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Kamla).

Usai melaksanakan pelaporan kepada Panglima TNI, Pangkolinlamil bersama dengan lima belas Pati lainnya melaporkan kenaikan pangkatnya kepada Kasal yang diwakili Wakasal Laksdya TNI Arie Henricus Sembiring di Ruang VVIP, Gedung Utama, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP., yang disampaikan Wakasal mengatakan kenaikan pangkat bagi personel TNI Angkatan Laut merupakan bagian dari penyelenggaraan roda organisasi dan pembinaan karier prajurit. Keputusan pemberian kenaikan pangkat dilakukan melalui proses yang berkesinambungan dengan didasarkan pada penilaian obyektif terhadap persyaratan administrasi dan kompetensi personel.

Lebih lanjut Kasal mengatakan “kenaikan pangkat juga merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan. Oleh karenanya, anugerah ini patut disyukuri dan dijadikan motivasi dalam melaksanakan tugas pengabdian. Integritas, keteladanan dan semangat pengabdian yang tanpa pamrih merupakan kunci keberhasilan dalam meniti karier bagi prajurit TNI,” terang Kasal.

Diakhir amanatnya, Kasal menegaskan “Dengan kenaikan pangkat ini, hendaknya para perwira memahami bahwa tuntutan tugas dan tanggung jawab yang ada semakin besar, khususnya untuk meningkatkan kinerja organisasi satuan kerja yang dipimpin, memantapkan komitmen pengabdian dan mengembangkan kemampuan diri yang dapat mendukung pelaksanaan berbagai tugas di masa mendatang,” ujarnya.

Hadir dalam acara pelaporan kenaikan pangkat tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut wilayah Barat, dan Para Kepala Dinas di Lingkungan Mabesal.   (Kamal/Dispen Kolinlamil)