PB, Suriah – Pernahkah anda membayangkan bagaimana seorang gadis kecil di Suriah yang sedang mengalami perang ? Mungkin kita tidak terlalu bisa merasakan kesakitan itu.

Bagaimana mereka menghadapi hari-hari mereka, terutama dalam mendapatkan makanan, walaupun hanya untuk sekedar menahan rasa lapar, dan bukan untuk merasakan kenyang.

Mungkin ini hanyalah seseorang yang iseng mengambil gambar gadis kecil yang memakai baju berwarna merah. Namun itu tidaklah penting ketika ternyata isi pembicaraan tanya jawab mereka, justru membuat kita bisa terpaku diam.

Video yang dibagikan oleh sebuah akun anonim di sosmed Instagram, yang berisikan fakta yang terjadi, membuat kita serasa tidak mampu untuk menonton.

Namun itulah kenyataan yang sedang terjadi disana. Sementara saya sendiri tidak bisa menahan jempolku untuk selalu saja kembali memutar video yang berjudul, ” The Hardships That Syrian Children Go Through” (Kesulitan-Kesulitan Yang Harus Dilalui Anak-Anak Suriah) berulangkali.

Dari hasil percakapan mereka, jawaban-jawaban yang meluncur dari gadis kecil ini, seakan menyiratkan bagaimana sebuah trauma yang mereka alami, baik ketika mengalami serangan, maupun untuk bertahan hidup.

Selama percakapan tersebut, si gadis kecil ini, masih bisa tersenyum di awal menjawab pertanyaan, namun tidak ketika pertanyaan terakhir, wajah yang terlihat penuh dengan debu langsung berubah.

Berikut isi percakapan mereka ;

Penanya (P) = ” Siapa Namamu ? ”
Gadis Kecil (GK) = ” Tidak tahu ”

(sebuah kenyataan pahit yang mereka terima ketika mereka ternyata sedang mementingkan sebuah cara untuk hidup, daripada memikirkan siapa namanya)

(P)        = “Dimana Ayahmu”
(GK)     = “Ayah saya sudah mati ”
(P)        = “Dimana ?”
(GK)     = “Sudah Mati ”
(P)        = “Dimana dia meninggal ?”
(GK)     = “di Hadabah”
(P)        = “Sudahkah kamu sarapan, (atau) makan siang, (makan) sup ?                       Beritahu saya !”

Awalnya si gadis kecil ini masih sempat berusaha untuk menutupi dengan memaksakan sebuah senyuman, namun akhirnya dia tidak sanggup, secara perlahan dia memutarkan kepalanya sambil tertunduk dan mulai menutupi wajahnya dan mencoba menghapus airmatanya dengan kedua jari tangannya.

Ternyata dia tidak mampu untuk menyenangkan si penanya jika dia sudah makan, karena memang gadis itu tampak belum makan, dan tidak berani menjawab dengan sebuah kalimat, jika dirinya belum makan.

Video tersebut hanya sampai disitu, dan tidak ditemukan cerita kelanjutannya apakah si penanya memberikannya makan atau menolong gadis tersebut hidup dalam kesendirian, di tengah hantaman roket, yang sewaktu-waktu bisa saja merenggut nyawa.

Video : https://www.instagram.com/p/BK1sjVtgJOg/

(Jall)

loading...