PB Kendari : Bertempat di Aula Serba Guna Makodim 1417/Kendari, Kepala Staf Korem 143/Halu Oleo Letkol Kav. Agus Waluyo, SIP. membuka  secara resmi sosialisasi Tax Amnesty, Senin (3/10/2016).

Dalam sambutannya Kasrem 143/HO menyampaikan, Tax amnesty merupakan program pemerintah terhadap wajib pajak oleh karena itu maka semua warga negara Indonesia wajib harus mengetahui apa kebijakan pemerintah terhadap wajib pajak.

20161003_133248Dikatakannya  Sosialisasi Tax Amnesty  bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para  Wajib Pajak khususnya Anggota Korem 143/HO baik anggota TNI maupun PNS agar mengetahui kewajibannya selaku WNI dalam hal pelaksanaan wajib pajak penghasilan setiap tahunnya yang harus mereka (para Wajib Pajak) bayar kepada negara yang  disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Senada dengan itu  Yuli Susanto S.E.,  Kasi Ektensivikasi dan Penyuluhan Perpajakan KKP Pratama Kendari  mengatakan bahwa Tax amnesty pajak merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada parah Wajib Pajak tentang kewajibannya dalam memberikan Pajak Penghasilan setiap tahunnya yang harus mereka (para Wajib Pajak) bayar kepada Negara yang  disesuaikan dengan Penghasilannya pertahun. Kata dia,  untuk para Wajib Pajak yang lalai atau melakukan Pembayaran Pajak yang tidak sesuai dengan Prosedur, maka akan dikenakan denda sebanyak 2% dari total seluruh harta yang dimiliki oleh para Wajib Pajak tersebut.

20161003_133307Lebih jauh Yuli menjelaskan Tax Amnesty merupakan kebijakan penghapusan pajak oleh pemerintah  yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap Harta dan membayar Uang Tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.  “Jadi secara umum pengertian Tax Amnesty adalah kebijakan pemerintah yang diberikan kepada pembayar pajak tentang forgiveness/pengampunan pajak, dan sebagai ganti atas pengampunan tersebut pembayar pajak diharuskan untuk membayar uang tebusan” tegasnya.

Untuk diketahui kegiatan sosialisasi Tax Amnesty tersebut diikuti oleh diikuti oleh para perwira, , bintara dan tamtama serta PNS dilingkungan Korem 143/HO yang ada di wilayah Kota Kendari. (Enel-Sultra)

loading...