PB Bali : Hampir semua penduduk dunia tentu sangat mengenal Bali, kota yang indah dengan panorama yang menawan hati. Hampir setiap hari Bali dikunjungi oleh para turis asing dan turis lokal. Tempat yang sangat digemari para turis di Bali adalah daerah Pantai, puluhan pantai-pantai di Balipun jadi incaran untuk dikunjungi, seperti : Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Tanah Lot, Pantai Jimbaran, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland dan masih banyak pantai lainnya.

dsc02480

Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Divisi Pemasaran BEKRAF RI, Sape MP. Sirait

Dibalik keindahan pantai yang ada di Bali, tentunya akan menyisakan sampah dan limbah yang ada disekitaran pantai, khususnya sampah-sampah yang berasal dari pohon-pohon yang tumbuh disekitarannya. Ini tentu jadi masalah tersendiri bagi pemerintahan Bali setempat.

20161011_114256Namun siapa sangka, ternyata limbah-limbah yang ada di pantai tersebut menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan, hal tersebut telah dilakukan Made Sutamaya Pemilik Kioski Gallery yang terletak di Kuta Bali.

Ide dan pemikiran kreatif Sutamaya mampu menjadikan limbah disekitaran pantai di Bali menjadi barang-barang yang unik, menarik dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi seperti : furniture, pajangan, hiasan lampu dan sebagainya.

Produk tersebut menjadi incaran dunia. Hampir kurang lebih 3-5 kontainer setiap bulannya, di kirim ke kuar negeri, Perancis, Belanda, Jerman, Israel dan negara lainnya memesan produk limbah buatan Kioski Gallery.

20161011_114001Usaha yang digeluti Sutamaya tersebut mampu menarik tenaga kerja, bahkan ribuan pemulung mendapatkan pemasukkan dari Kioski Gallery.  Atas prestasi yang dicapai Sutamaya, puluhan penghargaan dari luar negeri dan dalam negeripun ia kantongi.  Hal tersebut pula menjadi ketertarikan bagi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

(Video : Kunjungan BEKRAF ke Produksi Pengolahan Limbah Pantai)

Didampingi Sekcam Gede Arta beserta jajarannya, Direktur Pengembangan Pasar dalam Negeri Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif RI Sape MP Sirait, melakukan kunjungan ke Kioski Gallery.

20161011_113909Dalam kunjungannya Sape menyatakan kekagumannya “Siapa yang sangka buah hasil dari kreatifitas dapat mengolah limbah menjadi produk yang berseni dan sangat diminati dunia Internasional”. “selain membantu program pemerintah setempat untuk menjaga lingkungan yang bersih, produk-produk tersebut juga ramah lingkungan karena menjaga ekosistem yang ada sekaligus menjadi produk-produk yang sangat digemari asing.” Ujar Sape kembali.

photogrid_1476335545346

Penghargaan Internasional dan Nasional yang diterima Kioski

Sape juga mengharapkan bahwa Industeri-industeri kreatif seperti ini harus terus dikembangkan, diberikan pembinaan dan perhatian khusus pemerintah, baik dari pengembangan pasar, kemudahan dalam memberikan proses perijinan dan proses administrasi lainnya termasuk kemudahan untuk mendapatkan pinjaman modal. (Hefrizal/Monty)

loading...