PB, Jakarta- Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahya, S.E, M.M membuka Seminar Akhir Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-54 TP 2016 di Auditorium Jos Soedarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (24/10).

Seminar Akhir merupakan salah satu puncak kegiatan Pasis Dikreg Seskoal yang dilaksanakan menjelang akhir pendidikan dengan melibatkan seluruh Pasis dan Dosen serta undangan baik dari lingkungan TNI AL maupun dari luar TNI AL termasuk kalangan akademisi dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

seminarSeminar yang mengangkat tema “Mewujudkan Maritime Domain Awareness (MDA) Indonesia dan Kerjasama Keamanan Maritim di Kawasan Asean” acara tersebut menghadirkan tiga pembicara yang diawali dengan paparan dari perwakilan Pasis Seskoal Letkol Laut (T) Imanuel Dindin, S.T., M.Eng., PhD dengan makalah Pembangunan Maritim Domain Awareness Indonesia dalam rangka mewujudkan kerjasama keamanan maritim di Kawasan Asean.

Sementara dua pembicara lainnya adalah mantan Jubir semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Drs. Julian Aldrin Pasha, M.A., PhD dengan makalah Mewujudkan Maritime Domain Awareness (MDA) Indonesia dan Kerjasama Keamanan Maritim di Kawasan Asean terkait dengan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan Kepala Prodi Ketahanan Maritim Fakultas Manajemen Pertahanan di Uhhan Kemehan RI Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, M.M., M.S., M.Si,. dengan makalah berjudul tantangan keamanan maritim dan prioritas kerjasama Asean, dipimpin moderator Mayor Laut (P) Cahyo Indra Guridno.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahya, S.E, M.M berharap agar kegiatan ini dapat memunculkan ide-ide dan pemikiran cemerlang dalam konteks “Out of the box” sehingga diharapkan akan melahirkan suatu gagasan yang dapat menjadi suatu solusi akademik dari masalah yang dihadapi bangsa Indonesia khususnya yang terkait dengan ancaman Non State Actor dan strategi penanganannya.

“Hasil akhir dari kegiatan ini adalah berupa naskah akademik Pasis Dikreg Seskoal yang kemudian akan diteruskan oleh Seskoal selaku Lembaga Pendidikan strategis Matra Laut sebagai bahan masukan bagi pemimpin TNI AL untuk digunakan sebagai salah satu referensi dalam perumusan dan penyusunan kebijakan TNI AL dimasa mendatang,” ujar pejabat nomor satu di jajaran Seskoal itu. (Red/ Pen Seskoal)

 

 

loading...