PB, Jakarta – Rupanya aktivis sosial dari etnis Tionghoa ini, memang sudah sangat tidak bisa menerima Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, walaupun sebenarnya, Zeng Wei Jian alias Ken Ken ini, pernah dekat dengan Ahok dan kelompok pendukung politiknya, ketika Ahok masih berkiprah di Belitung Timur.

Bahkan bukan hanya Ahok sendiri, seluruh pendukung Ahok yang diketahuinya sebagai salah satu makhluk paling “Ngeyel” sedunia, juga termasuk dalam daftar hitam catatan Wei Jian.

Kali ini Wei Jian menangkap sebuah fenomena bagaimana para pendukung Ahok yang diharuskan menampilkan identitas sebagai seorang muslim, agar warga Jakarta lainnya tidak ikutan terpengaruh dengan persoalan kasus penistaan Agama oleh Ahok.

Wei Jian mengatakan, Seotang aktor pertama dalam catatan sejarah adalah Thepis dari Yunani. ” Aktor Profesional adalah aktor yang dibayar untuk melakukan akting, namun beda dengan yang namanya Aktor amatir,” tulis Ken Ken, dalam akun sosial media miliknya.

Ken Ken sendiri pernah menjadi bagian dari kehidupan aktor, sekitar tahun 1980-an, bahkan foto-foto Ken sewakti muda, oleh pengikut akun facebooknya, dianggap sebagai salah satu aktor yang cukup mumpuni dalam hal wajah.

Namun kali ini beda, Ken menemukan salah satu “Aktor” amatir, yang bertugas untuk memperlihatkan kepada masyarakat, jika ada juga sebagian umat muslim yang mau mendukung Ahok.

“Ngga semua aktor bekerja di industri film, teater atau televisi sitcom. Ada aktor jalanan. Kocak. Nyebelin. Bikin gemes. Namanya “ahoker”. Tulis Wei Jian.

Menurut Wei Jian, penyematan kepada Ahoker (Aktor Hoker) sebagai seorang Aktor Profesional, karena mereka juga mendapatkan bayaran, walaupun bayaran itu hanya dengan Nasi Aking.

“Mereka dibayar pake nasi aking. Ada saja aksinya. Agar tercipta citra Ahok didukung muslim, seorang ibu ketangkep basah memakai hijab dan baju kotak-kotak di pinggir jalan.” Jelas Wei Jian.

Bagi Wei Jian, aksi “Ahoker Fake Hijab” ini, dikategorikan bagian dari akting improvisasi seorang Aktor Hoker. Bahkan bagi Wei Jian improvisasi Ahoker ini bisa saja mengalahkan aksi lucu dari para aktor Italia dai Commedia dell’arte (A Form of Masked comedy, originated in Italy ~  Bentuk Komedi Topeng dari Italia) dan kali ini yang menjadi topengnya adalah hijab yang dikenakan di pinggir jalan.

(Jall/Sumbet FB Zeng Wei Jian)

loading...