PB Solo : Kompetisi ini dilatarbelakangi oleh kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, dan juga diwacanakan sebagai bahasa resmi Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA. Bahasa Indonesia memiliki kekayaan ekspresi, pengucapan, dan ragam.

Melalui bahasa Indonesia, bangsa Indonesia memperkokoh, memperteguh, dan menguatkan nasionalisme, identitas, dan martabat kebangsaannya. Dalam rangka mengenang dan mereinterpretasikan makna Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda, gagasan kemerdekaan dan patriotism itu diwujudkan dalam berbagai cara melalui konteks kekinian. Kompetisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Tingkat Internasional ini dimaksudkan untuk mengenalkan kekayaan dan keunikan tradisi budaya nasional Indonesia sebagai bagian dari upaya mewujudkan persamaan derajat, perdamaian, kebebasan atau kemerdekaan bersama antara bangsa seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

photogrid_1479538575125Melihat hal tersebut, Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan lomba, esai, resensi, baca puisi, dan pidato bahasa Indonesia untuk mahasiswa tingkat internasional pada hari Sabtu, 19 November 2016 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Acara ini menghadirkan juri yang berasal dari kalangan akademik, praktisi, pemerhati, dan pakar bahasa dan sastra Indonesia, sastrawan Indonesia, dan kalangan jurnalis yang bereputasi sebagai berikut:

Juri Resensi : Jayadi Kastari (Kedaulatan Rakyat), Bandung Mawardi (Penulis Media Massa Nasional) dan Anas (Joglosemar)

Juri Esai : Radhar Panca Dahana (budayawan), Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. (Balai Bahasa DIY) dan Indra Tranggono (Budayawan dan Sastrawan).

Juri Baca Puisi : Prof. Suminto A. Sayuti (Guru Besar UNY) , Sosiawan Leak (seniman dan budayawan), dan Joko Pinurbo (seniman dan penyair).

Juri Pidato Bahasa Indonesia : Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum. (Badan Bahasa Jakarta), Hanindawan (Budayawan dan Pekerja Seni) dan Hans Gagas (Budayawan).

photogrid_1479538691887Dalam acara ini, peserta diikuti oleh mahasiswa tingkat sarjana dan diploma. Total peserta yang mengirimkan karya sejumlah 115 peserta. Peserta berasal dari dalam dan luar negeri yang berasal dari berbagai universitas. (Asep YW)

loading...