PB, Beirut- Armada adalah alat bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasionalnya. Sampai saat ini, Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut. Dalam konteks operasional, Armada RI adalah integrasi empat elemen utama yakni kapal perang, pesawat udara, marinir dan pangkalan, sehingga komposisi satuannya harus mencerminkan keempat elemen tersebut.

Hal tersebut dikatakan oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon HA.Chozin Chumaidy dalam amanatnya yang dibacakan di hadapan seluruh prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda UNIFIL saat menjadi Irup Peringatan Hari Armada RI di Dermaga Beirut Lebanon, Senin (5/12).

Menurut Duta Besar, selain tugas dalam negeri, Armada RI juga telah melaksanakan berbagai tugas di luar negeri seperti misi perdamaian, dalam hal ini tugas menjadi pasukan penjaga perdamaian PBB, Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 di Lebanon.

“Tugas ini sangat berat akan tetapi sangat mulia, karena membawa misi suci melaksanakan amanat UUD 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,”ujarnya.

“Dunia memanggil saudara-saudara untuk menjaga perdamaian di Lebanon. Dunia melalui organisasi PBB mempercayakan kepada saudara-saudara Prajurit KRI Bung Tomo-357 untuk berkontribusi menjaga perdamaian, oleh karena itu laksanakan kepercayaan ini dengan sungguh-sungguh, penuh dedikasi dan profesional untuk menjaga perdamaian di Lebanon sebagai negara sahabat Indonesia. Dengan semangat JALESVEVA JAYAMAHE kita buktikan bahwa TNI AL, khususnya KRI Bung Tomo, adalah yang terbaik dan selalu unggul dalam setiap penugasan”, tegasnya.

Menutup amanatnya, HA. Chozin Chumaidi menyampaikan beberapa pesan Kepala Staf Angkatan Laut berupa peningkatan kualitas keimanan, peningkatan profesionalisme, inovasi dalam satuan kerja, serta soliditas TNI, POLRI dan masyarakat.

“Semoga semangat Hari Armada memotivasi kita untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja individu dan satuan. Atas berbagai prestasi yang telah dicapai, saya selaku Duta Besar menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh personel Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016”, tambahnya.

Turut hadir pada peringatan Hari Armada RI di Lebanon, Deputy MTF Commander/MTF Chief of Staff Kolonel Laut(P) Agus Hariadi beserta Staf, Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, Staf KBRI di Lebanon, Para Dansatgas Konga UNIFIL, dan seluruh Perwira, Bintara Tamtama TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda di Lebanon. (Mal/ Dispen Armatim)

 

 

loading...