PB,  Kendari  : Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman menetapkan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebagai daerah sumber bibit Sapi Bali. Penetapan Konsel sebagai sumber bibit Sapi Bali ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 803/Kpts/PK.030/12/2016. Hal tersebut disampaikan oleh Andi Arman Sulaiman di hadapan ribuan Warga Kabupaten Konsel saat menghadiri acara Panen Pedet hasil Inseminasi Buatan (IB) Sapi Bali sebanyak 627 ekor  di Desa  Ranooha Kecamatan Buke, Rabu (11/1/2017).

IMG-20170112-WA0026“Saya ucapkan penghargaan dan apresiasi setingi-tingginya kepada daerah yang telah mengusulkan daerahnya sebagai wilayah sumber bibit” ujar pria Kelahiran Bone 48 tahun lalu itu. Lanjutnya, penilaian wilayah sumber bibit merupakan salah satu amanah dari UU No 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan PP No 48/2011 tentang Sumber Daya Genetik Hewan dan Pembibitan Ternak serta Peraturan Menteri Pertanian No 48/OT.140/9/2011 Junto No 64/Permentan/OT.140/11/2012 tentang Pewilayahan Sumber Bibit.

IMG-20170112-WA0021Dia juga mengatakan hingga saat ini Menteri Pertanian telah menetapkan 15 wilayah sumber bibit yang berada di 14 Kabupaten di Indonesia. “Empat kabupaten yakni, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Barru, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Barito Kuala merupakan wilayah sumber bibit Sapi Bali” ujarnya lagi.  Dia menambahkan tujuan dari perwilayahan sumber bibit itu adalah untuk membentuk wilayah ataupun daerah pemurnian ternak asli Indonesia sehingga ternak asli ataupun ternak lokal dapat lestari demi mewujudkan ketersediaan bibit ternak yang berkualitas.

IMG-20170112-WA0022Sementara itu Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam sambutannya mengatakan pihaknya dan segenap jajarannya selalu siap mewujudkan ketahanan pangan sebagaimana yang telah menjadi program andalan Presiden Jokowi dalam Nawacitanya. Menurut PangdamVII/Wirabuana, melalui kerja keras Mentan RI bersama TNI dan rakyat ketahanan pangan sudah diwujudkan.

“Bahwa kita mampu tidak mengimpor beras lagi, bahwa kita mampu mewujudkan ketahanan pangan yang dulu menjadi andalan bangsa kita” ujarnya.

Mayjen Agus Surya Bakti Pangdam juga menegaskan, TNI siap mendukung upaya swasembada daging yeng tengah digalakkan oleh kementerian pertanian.

“Hari ini kita TNI siap bersama-sama masyarakat untuk meningkatkan percepatan populasi pedet sapi Bali di desa ini maupun di daerah lainnya” tegas orang nomor satu di jajaran Kodam VII/Wirabuana tersebut.

Pantauan pembawaberita.com selain Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang mendampingi Kunjungan Kerja Mentan RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman adalah Gubernur Sultra Nur Alam, S.E, M.Si  Waaster Kasad Brigjen TNI Dr. M.Afifuddin, Kabinda Sultra Brigjend TNI Andi Sumangerukka, SIP.  Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto S.I.K. Danlanal Kendari Kolonel. lauy (P) Aris Harijadi W.,  SH., Aster Kasdam VII/Wirabuana Kolonel Inf. Ujang Sudrajat, Kapendam VII/Wirabuana, Kol Inf Drs. Alamsyah,  M. Si.  Kasrem 143/HO Letkol Kav Agus Waluyo S.IP., Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, S.I.P. Kapolres Konsel AKBP Hendrik. W, S.IK., dan Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud. (Enel-Sultra)