PB  Kendari ; Tim Subdit IV Tipiter Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sultra mengamankan ratusan kubik kayu yang diduga ilegal.  Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara AKBP Sunarto dalam releasenya Selasa (14/3) mengatakan Tim Subdit IV Tipiter Ditkrimsus yang dipimpin oleh AKP Laupe Kasau pada hari Kamis (9/3/2017) telah mengamankan Kapal Layar Motor Berkat Harapan Baru yang sedang memuat 200 M³ kayu jenis rimba campuran.

IMG-20170314-WA0055Kata dia diduga kuat KLM yang ditemukan  di Perairan Laut Molore Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara itu adalah hasil kejahatan Tindak Pidana Ilegal Loging. Kata dia,  KLM Berkat Harapan Baru berbobot mati 135 GT yang dinakhodai oleh YU tersebut mengangkut kayu milik ZA.

Disebutkan olehnya bahwa ZA adalah warga Langgikima Kabupaten Konawe Utara sedangkan sang Nakhoda YU adalah warga Kecamatan Batulicin Kalimantan Selatan. Mantan Kapolres Muna itu juga mengatakan ratusan M³ kayu yang tidak dilengkapi dengan dokumen dari pejabat berwenang itu rencananya akan dikirim ke Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.

“Diduga telah terjadi pelanggaran Tindak Pidana Kehutanan sebagaimana dimaksud dalam UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan” jelas Sunarto. Dia menambahkan, untuk pengembangan lebih lanjut, secepatnya pihaknya  akan melakukan klarifikasi terhadap pemilik kayu,  nakhoda kapal, awak kapal dan  Dinas Kehutanan Provinsi Sultra. “Juga melakukan lacak balak asal usul lokasi penebangan kayu” pungkasnya. (Enel-Sultra)

loading...