PB, Kolaka : Polres Kolaka melaksanakan kegiatan pelatihan Command Center Halu Haluo Polisi Sultra,  Kamis (16/3).  Kabag Ops Polres Kolaka Kompol Taufik Saiful Bahri mengatakan pelatihan  itu dimaksudkan untuk mewujudkan program Promoter Kapolri khususnya dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat wilayah hukum Polres Kolaka. Kata dia, aplikasi Halu Haluo Polisi Sultra dapat memudahkan masyarakat dalam memberikan informasi maupun pengaduan kepada Polri Khususnya Polda sultra dan Jajaran.

IMG-20170317-WA0045“Aplikasi ini berbasis android  dan dapat dengan mudah di download oleh seluruh masyarakat daerah Sulawesi Tenggara melalui Play store” ujar Taufik kepada pembawaberita.com melalui Whatsappnya, Kamis (16/3).

Dia menambahkan pelatihan yang digelarnya juga untuk mengoptimalisasi dan mengefektifkan  layanan aplikasi  tersebut.   “Penggunaan aplikasi  untuk masyarakat maupun untuk petugas polri sendiri. Sehingga perlunya pelatihan lebih awal kepada personil Polri yang ada di Sulawesi Tenggara Khususnya Polres Kolaka” ungkapnya lagi. Dikatakannya  kegiatan tersebut  diikuti oleh dua orang personil dari masing-masing subsatker Polres kolaka serta polsek jajaran Polres Kolaka yang selanjutnya akan disosialisasikan kepada personil Polri maupun masyarakat di satuan wilayah masing-masing.

IMG-20170317-WA0046Untuk diketahui Aplikasi Halu Haluo Polisi Sultra yang di Luncurkan Polda Sulawesi tenggara yang merupakan Trobosan Kreatif yang di buat oleh Kapolda Sultra saat ini Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, SIK.  Dia menjelaskan terdapat dua  jenis Aplikasi yang mana salah satunya aplikasinya  dapat digunakan oleh masyarakat sebagai aplikasi “Pengaduan” yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang sangat mudah diaplikasikan oleh masyarakat, baik untuk pengaduan  kepada polri maupun instansi terkait. “Juga  pencarian lokasi tempat-tempat publik, hingga tombol bantuan cepat ( Panic Button) yang dididalamnya terdapat pilihan berupa kasus-kasus menonjol yang sering terjadi di masyarakat” sebutnya.

IMG-20170317-WA0049Sedangkan aplikasi untuk petugas terdapat fitur-fitur yang dapat menerima langsung pengaduan Masyarakat yang dilaporkan, data kejadian yang masuk melalui tombol bantuan cepat dan dapat direspon langsung oleh personil yang berintegrasi dengan google map sehingga lokasi dapat segera diketahui maupun melakukan konfirmasi langsung ke pelapor melalui via telpon.  “Selain itu aplikasi tersebut memudahkan personil untuk mengupload kegiatan kepolisian yang dilaksanakan.  Masyarakat pun dapat melihat langsung melalui aplikasi “Halu Haluo Polisi Sultra” yang ada pada mobile phonenya” jelas Kabag Ops Polres Kolaka. Dia berharap  dengan layanan aplikasi itu,  peningkatan pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat dan dapat terlaksana dengan mudah sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif. (Enel-Sultra)

loading...