PB Konawe ; Personel TNI dari Koramil  Kodim 1417-05/Tinanggea  bersama sejumlah warga Desa Kiaea Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan bahu membahu membenahi belasan  rumah yang rusak porak-poranda  akibat terjangan angin puting beliung, Minggu (26/3).

Komandan Kodim 1417/Kendari Letkol Kav. Eko Hermawan Yuniarso, SIP kepada Jurnalis Media ini mengatakan pelibatan personel TNI dalam membantu masyarakat dalam menanngulangi akibat bencana alam merupakan salah satu tugas TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

IMG-20170327-WA0122“Ini adalah tugas TNI dalam melaksanakan operasi militer selain perang yakni membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan” ujar Letkol Kav Eko kepada Media ini saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/3). Lanjut Eko keterlibatan pihaknya  diprioritaskan pada upaya menanggulangi akibat bencana alam untuk mencegah berkembangnya kerugian , baik jiwa maupun harta benda rakyat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat agar tidak menimbulkan akibat yang mengancam kedaulatan negara dan keselamatan bangsa.

Kata dia, selain kerja bakti  memperbaiki kerusakan rumah warga, pihaknya bersama Dinas Sosial Kabupaten Konsel membagikan sembako dan beberapa lembar tikar kepada para korban bencana. “Juga ada pendirian tenda untuk penampungan sementara warga” katanya.

IMG-20170327-WA0121Sebagaimana diketahui angin puting beliung yang memporak-porandakan  Desa Kiaea, Kec. Palangga, Kab. Konsel, Prop Sulawesi Tenggara pada hari Sabtu (25/3) lalu telah menyebabkan 5 buah warga rusak berat dan 9 buah lainnya rusak ringan. Oleh Pemerintah setempat data warga dan kerusakan telah diidentifikasi untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah. (Enel-Sultra)

loading...