PB PURWOREJO,- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini Rabu (5/3) membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-98 yang dilaksanakan Kodim 0708/Purworejo di Desa Wonosido, Kecamatan Pituruh, Purworejo.

Pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ini digelar di Lapangan Desa Pituruh yang lokasinya berada di sebelah utara Koramil 09/Pituruh dengan ditandai penandatanganan naskah dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan TNI, Polri dan Masyarakat sebagai tanda dimulainya kegiatan TMMD Reguler 98 di Wonosido.

IMG-20170405-WA0117Upacara pembukaan TMMD dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI MS. Fadhilah, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan, Bupati Purworejo Agus Bastian S.E., M.M., Dandim 0708/Purworejo Letkol inf Aswin Kartawijaya, para pejabat militer jajaran Kodam IV Diponegoro, Kapolres Purworejo, dan seluruh Kapolsek Polres Purworejo.

Dalam paparanya Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Aswin Kartawijaya mengatakan, Ada dua sasaran dalam TMMD tersebut, yakni fisik dan non fisik.

Sasaran pokok berupa rabat beton jalan sepanjang 1.200 meter, lebar 3 meter dengan tebal 12 cm, pembuatan gorong-gorong sepanjang 3 meter di tiga lokasi, pembuatan talud panjang 60 meter, bedah rumah tidal layak huni (RTLH) 15 unit.

“Sasaran tambahan berupa pembuatan MCK 10 unit, rehab teras mushola 1 unit, pembuatan pos Ronda 1 unit, dan penanaman pohon 100 batang, “kata Dandim.

IMG-20170405-WA0118Lanjut Dandim, untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi TMMD Reg, pemutaran film, pasar murah dan beberapa penyuluhan seperti bidang agama, Bela negara, wawasan kebangsaan, tertib lalu lintas dan kamtibmas, hukum dan narkoba, kesbangpolinmas, pertanian dan perkebunan, serta desa tangguh bencana (Destana).

Juga dilakukan penyuluhan adminitrasi kependudukan, kinservasi dan pengolahan sampah, kewirausahaan, olah raga, pendidikan, prilaku hidup sehat dan bersih, pelayanan kesehatan, dan pelayanan KB kes.

Dalam kesempatan itu Dandim Purworejo mengharapkan agar semua pihak membantu agar TMMD Reguler 98 di Desa Wonosido dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Mari kita wujudkan Wonosido yang lebih maju lagi sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terangkat. Dengan TMMD ini TNI siap memeberikan yang terbaik demi terwujudnya kesejahteraan rakyat,” kata Dandim.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutanya mengungkapkan,

Melalui TMMD dirinya mengajak optimalkan lagi berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR  lainnya di Jawa Tengah.

“Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan mandiri dengan tetap mempertahankannya sebagai sebuah entitas unik, dengan kearifan lokal yang selalu terjaga, “kata Gubernur.

Dan tidak kalah penting, kata Gubernur, kabudayanya tetap lestari. “Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di negeri ini, “papar Gubernur Ganjar Pranowo.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga meninjau lokasi TMMD Reguler di Desa Wonosido yang berjarak sekitar 12,2 Km dari tempat pembukaan TMMD. Sasaran yang ditinjau antara lain pembangunan RLTH (Rumah Tidak layah Huni), Pembangunan jalan sepanjang 1.200 m, Pembangunan MCK serta Rehab Mushola. (Wardoyo)

loading...