PB, Jakarta – Setiap mesjid dipastikan memiliki batas suci bagi siapapun yang ingin masuk, dan batas suci ini biasanya tepat berada di pintu masuk mesjid. Dan sebelum melaksanakan shalat setiap muslim diwajibkan untuk mensucikan diri terlebih dahulu dengan melakukan wudhu.

Namun terkadang tempat wudhu berada di luar mesjid namun masih berhubungan langsung, akibatnya sebagian jemaah yang ingin melakukan shalat, harus melepas alas kaki mereka, dan sudah tentu harus berjalan keluar dari tempat shalat, dan hal ini menjadikan setiap jamaah untuk menggunakan alas kaki yang biasanya tersedia di lokasi tempat untuk melakukan wudhu atau yang ingin buang hajat. Namun tak jarang alas kaki tersebut sangat terbatas, bahkan sering kali bagian kiri dan kanan berbeda warna.

IMG-20170410-WA0351]Hal inilah yang menjadi perhatian para pengurus Koperasi Saudagara Minang Raya (SMR) khususnya keberadaan mesjid di Propinsi Sumatera Barat, yang memiliki jumlah mesjid sebanyak 4.838 buah, belum lagi ditambah beberapa surau kecil.

Mengantisipasi hal tersebut, SMR mencoba membantu dengan memberikan pengadaan sendal yang terbuat dari kayu, atau biasa disebut dengan nama Tengkelek alias bakiak, yang akan disumbangkan secara gratis. Setiap mesjid akan mendapatkan bantuan berupa 4 – 5 buah bakiak.

“Jumlah bakiak yang akan dibagikan mencapai 2.000 pasang, dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi mengingat Sumatera Barat merupakan masyarakat yang sangat religius dan sebagai salah satu propinsi yang mayoritas adalah muslim,” ujar H. Budhy Mitra Shah, wakil ketua umum Koperasi SMR asal Bandung Jawa Barat.

IMG-20170410-WA0358Menurut Budhi yang melakukan koordinasi langsung dengan Aditya Kusuma selaku bendahara 1 SMR dari Sumatera Barat, keinginan tersebut dikarenakan berlandaskan hadish Rasulullah SAW.

“Kami ingin mewujudkan apa yang menjadi aturan dari Hadish Rasulullah SAW yang mengharuskan setiap muslim agar menjaga kebersihan yang merupakan bagian dari iman,” ujar Budhy.

Selain sendal Tengkelek atau bakiak ini, juga akan dibagikan mukena dan tafsir Al Quran yang akan dilakukan secara bertahap.

“Mengingat bulan suci Ramadhan semakin dekat, maka pembagian ini diharapkan sangat membantu para jamaah untuk beraktifitas di mesjid,” ujar Tundra Meliala selaku pendiri sekaligus staf ahli koperasi SMR.

Dan bagi pengurus mesjid yang ingin mungkin bisa melakukan kontak langsung kepada pengurus SMR yang berlokasi di jalan Gudang Peluru Raya Blok B1 nomor 14A Tebet Jakata Selatan, atau melakukan kontak melalui ponsel Aditya 081321479155.

(Jall)

loading...