PB Makassar : Penyerahan Bet dan Tunggul Kodam XIV/Hasanuddin dari Kasad Jenderal TNI Mulyono Kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti menandai resminya kembali penamaan Kodam XIV/Hasanuddin.

Kepala Penerangan Kodam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf.Drs. Alamsyah, M.Si. mengatakan prosesi penyerahan Bet dan Tunggul Kodam XIV/Hasanuddin dilaksanakan dalam upacara militer di lapangan Karebosi Makassar, Rabu (12/4). Kapendam mengatakan  kembalinya penamaan Kodam XIV/Hasanuddin menyusul setelah sebelumnya pada tahun 2016 lalu,  Kodam VII/Wirabuana mengalami pemekaran menjadi dua Kodam yakni Kodam VII/Wrb dengan wilayah teritorial Provinsi Sulsel, Sultra, Sulbar dan Kodam XIII/Merdeka dengan wilayah teritorial meliputi Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo.

IMG-20170412-WA0207Kata dia, nama Kodam XIV/Hasanuddin pernah dipakai selama kurang lebih 26 tahun dari tahun 1957 – 1984 dengan wilayah teritorial  mencakup seluruh wilayah Sulawesi di bagian selatan. Lanjut dia, pada  tahun 1984 penamaan Kodam XIV/Hasanuddin berganti menyusul dilikuidasinya Kodam XIII/Merdeka di Manado Sulawesi Utara.  Saat itu Kodam XIV/Hasanuddin berganti menjadi Kodam VII/Wirabuana dengan wilayah teritorial meliputi seluruh wilayah Pulau Sulawesi. Kini dengan kembalinya penamaan Kodam XIV/Hasanuddin, kembali mengingatkan kita pada proses penamaan satuan kewilayahan di sisi Selatan Pulau Sulawesi ini pada tahun 1957 lalu. “Semoga semangat kepahlawanan Sultan Hasanuddin selalu menginspirasi semua prajurit di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin dalam menjaga keutuhan NKRI” pungkas Alamsyah menirukan pernyataan Kasad Jenderal Mulyono. (Enel-Sultra)

loading...