PB Takengon : Jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah mengenalkan padi varietas inpari 28 kepada petani di Kabupaten Aceh Tengah.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Letkol Kav. Rusdi, SIP kepada pembawaberita.com  mengatakan padi varietas inpari 28 merupakan salah satu varietas unggulan yang cocok bila dikembangkan di wilayah Aceh Tengah.

Kata dia, pemilihan varietas inpari 28 karena bibit padi ini memiliki keunggulan antara lain tahan terhadap hama dan penyakit, cocok ditanam di lahan sawah hingga di lahan kering di atas ketinggian 1.100  meter dpl. “Waktu panennya relatif singkat juga potensi produksinya tinggi, bisa mencapai 9,5 ton/ha” kata Rusdi melalui saluran selulernya, Rabu, (12/4).

Kapendam IM juga mengatakan topografi lahan di Kabupaten Aceh Tengah sangat memungkinkan untuk pengembangan padi varietas inpari 28. “Ini juga baru percobaan, namun kami menilai keunggulan inpari 28 bisa beradaptasi bagus dengan kondisi lahan di Aceh Tengah,” terang Rusdi.

Kapendam IM berharap, pengembangan padi varietas inpari 28 dapat berkontribusi besar dalam upaya percepatan swasembada pangan di wilayah teritorial Kodam Iskandar Muda. (Enel-Sultra)

loading...