(PB) – Lockheed YF-12 adalah dirancang untuk Angkatan Udara AS. desain keseluruhan didasarkan pada Lockheed A-12 pesawat pengintai. Apa yang membuat ini sebuah pesawat menakjubkan adalah kemampuannya untuk pergi lebih dari 2.000 mil per jam. Hanya kemudian bahwa itu dikalahkan oleh Lockheed SR-71.
Prototipe ini tidak pernah mengalami produksi massal formal. Hanya tiga YF-12 model dibuat. Setiap biaya sekitar $ 15 sampai $ 18 juta. Namun, kita tidak dapat menyangkal pentingnya pesawat ini di militer. Ini membuka jalan untuk pesawat yang lebih baik seperti SR-71 itu. Pesawat ini dapat mencapai 3,2 mach di 74.000 kaki.

sr 71

Lockheed SR-71 Blackbird dianggap sebagai pesawat pengintai beroperasi di bawah Amerika Serikat. Ini dikembangkan terutama dari Lockheed A-12 tahun 1960-an. Tujuannya adalah untuk menjalankan ancaman selama misi. Hal lain tentang Lockheed SR-71 adalah desain untuk mengurangi penampang radar.
Pesawat ini hanya berlari di batch kecil. Bahkan, hanya 32 pesawat model ini digunakan. Sayangnya, 12 hilang karena kecelakaan, tetapi tidak dalam pertempuran dengan musuh. Pesawat ini telah pensiun pada tahun 1966. Menjalankan dalam kecepatan Mach 3 +, itu adalah layak disebutkan sebagai salah satu pesawat tercepat.

 

x15

X-15 Dengan kecepatan tertinggi Mach 6,72 atau sekitar 4.520 mil per jam, tidak mengherankan bahwa pesawat hipersonik ini dianggap sebagai tercepat di dunia. Ini adalah sebuah pesawat berkecepatan tinggi roket bertenaga eksperimental yang diperkenalkan pada tahun 1959. penerbangan dari Amerika Utara X-15 dibuat melebihi 80 kilometer ketinggian.

Sumber : Jamad Bray uc n

loading...