PB, BOJONEGORO – Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, siang tadi, Selasa (16/05/2017) pukul 11.00 WIB memberikan kuliah umum tentang migas kepada 500 siswa SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Bojonegoro bersama SKK Migas Perwakilan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), serta didukung Yayasan Sedulur Pena (YSP) yang berlangsung di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Selain Kapolres Bojonegoro, sebelumnya hadir sebagai narasumber yaitu Ketua DPRD Bojonegoro Hj. Mitroatin, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. M. Herry Subagio dan Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Ali Masyar serta Bupati Bojonegoro yang diwakili Asisten II Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono yang mewakili Bupati Bojonegoro Drs. H. Suyoto.

Dalam pemberian materi, Kapolres mengambil materi tentang ketahanan energi dalam perspektif keamanan dan ketertiban masyarakat dimana dalam keterkaitannya tugas Polisi sebagai penjaga objek vital nasional.

Menurut undang-undang no. 3 tahun 2007 tentang energi pasal 8 point 2 menjelaskan tentang setiap pengelolaan energi wajib memenuhi ketentuan yang disyaratkan dalam perundang-undangan dibidang keselematan yang meliputi standarisasi pengamanan dan keselamatan instansi serta keselamatan dan kesehatan kerja.

IMG-20170516-WA0226“Pengamanan objek vital wajib memiliki SOP pengamanan dan keselamatan yang harus dipatuhi dan dikontrol,” terang Kapolres.

Dalam kaitannya dengan tugas Polisi, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, polisi berkewajiban mengamankan objek khusus dan harus memiliki SOP dengan Sistem Managenem Pengamanan untuk mencegah dan mengurangi kerugian akibat ancaman gangguan atau bencana serta mewujudkan tempat kerja yang aman, efisien dan profesional.

“Atas dasar itulah, Polres Bojonegoro memiliki terobosan pengamanan dengan aplikasi berbasis android CAS”, imbuh Kapolres.

Crime Alarm System (CAS) merupakan aplikasi berbasis android dimana saat terjadi gangguan keamanan dan saat melaporkan kejadian dapat segera mengetahui lokasi kejadian karena sudah disertai dengan tampilan google map atau peta serta saat dilaporkan kejadiannya seluruh anggota jajaran Polres Bojonegoro dapat mengetahuinya karena CAS akan mengirimkan alarm kejadian keseluruh anggota yang sudah terintegrasi dengan HP android anggota masing-masing.

(Vicky/adi)

loading...