PB, JAKARTA – Kreatifitas anak bangsa sedang diuji, jika sebelumnya salah satu siswa dari Aceh mencuri perhatian ketika menemukan penerangan listrik dengan mengambil sumbernya dari pohon Kedondong, maka kali ini seorang “Pelaut” yang juga memiliki hobi dalam dunia terbang, membuat sebuah Drone yang bisa digunakan untuk memadamkan api.

Rupanya hasil karya DR, Yulianus “Ongen” Paonganan ini dianggap sebagai salah satu terobosan baru untuk bisa melakukan pekerjaan yang dianggap sangat sulit ketika memadamkan api di bagian yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.

Ongen yang sebelumnya sudah menciptakan Drone yang bisa mengangkut alat bantu renang yang diperuntukkan bagi penyelamatan di laut, kini menciptakan drone yang diberi nama Wino-007 yang bertugas khusus untuk mengangkut sebuah bola yang berisi bahan-bahan untuk memadamkan api.

Uji coba telah dilakukan dan tampak dalam uji coba tersebut, drone dikendalikan oleh operatot untuk mencari titik sumber api yang kemudian melepaskan sebuah bola yang tidak berselang lama langsung meledak melepaskan bahan yang dapat memdamkan api.

Sebelum Ongen menciptakan Wino-007 dan Drone untuk dipakai menyelamatkan korban di laut, Ongen juga berhasil menciptakan sebuah “pesawat” tanpa awak yang duperuntukkan bagi penjagaan perbatasan dan sudah digunakan oleh pihak Kementerian Pertahanan dan Keamanan dalam melakukan tugas mengawasi perbatasan.

(Jall)

loading...