PB, JAKARTA – Sebuah akun sosial media twitter bernama @jatamnas kepanjangan dari Jaringan Advokasi Tambang Nasional memposting sebuah video yang berhasil direkam oleh warga setempat, ketika sebuah kapal tongkang milik PT. Injatama Coal Mining membuang limbah hasil tambang batubaranya ke laut.

Lokasi pembuangan limbah tambang tersebut, tidak jauh dari garis pantai yang berpasir putih di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini tentu membuat gusar masyarakat sekitar, karena sikap PT. Injatama yang dianggap sering melakukan pelanggaran, sudah sangat keterlaluan.

Sebelumnya pihak perusahaan yang melakukan penambangan Batubara di Bengkulu, PT. Injatama Coal Mining dan PT. Titan Wijaya mengklaim jika mereka memiliki 2 lokasi pembuangan limbah di laut yang jaraknya hanya 4 mil dari bibir pantai.

Namun anggota DPRD Provinsi Bengkulu dalam sidaknya dua bulan lalu, kaget dengan pelabuhan yang dibuat oleh PT. Titan Wijaya yang dianggap tidak layak untuk disandari tongkang dengan kapasitas 300 feet, yang mengakibatkan terjadinya abrasi pada pantai.

PT. Injatama juga dianggap telah melakukan penipuan dalam hal tujuan pengangkutan hasil tambang yang sejatinya tujuannya ke Pelabuhan Teluk Bayur Sumatera Barat, justru dialihkan langsung ke negara tujuan ekspor dengan melalui jalur Pulau Pagai.

Berikut video yang berhasil direkam oleh warga setempat ketika pembuangan limbah yang dilakukan oleh PT. Injatama Coal Mining Bengkulu ;

(jall)

 

loading...