PB, Kendari – Kepala Staf TNI AL dalam amanatnya mengatakan kegiatan olahraga perairan merupakan salah satu bentuk sentuhan maritim yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan budaya maritim.

“Serta untuk mewujudkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat,” ujar Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq Rahman pada saat membuka Kasal Cup 2017 di Kota Kendari, Kamis (7/9).

Kasal juga mengatakan, sejatinya Indonesia harus kembali membangun budaya maritim setelah sebelumnya bangsa Indonesia dalam waktu yang lama mengalami pergeseran pola pikir kearah prespektif kontinental.

IMG-20170907-WA0195Kasal mengakui, membangun kembali budaya maritim merupakan pekerjaan yang tidak mudah sehingga merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh komponen bangsa.

“Oleh karenanya diperlukan upaya-upaya inovatif dan nyata untuk membangkitkan kembali budaya maritim Indonesia,” imbuhnya.

Lebih jauh Kasal mengatakan kegiatan Kasal Cup olahraga perairan merupakan wujud nyata TNI AL dalam melakukan pembinaan potensi maritim nasional dimana realisasinya adalah mewadahi dan membina olahraga perairan.

“Pembinaan olahraga perairan secara komperehensif, memberikan manfaat terhadap tumbuhnya jiwa dan budaya maritim bangsa Indonesia.

Kasal  berharap melalui Olahraga perairan akan muncul bibit-bibit atlet olahraga yang mampu berkiprah dalam skala nasional maupun internasional.

“Karena melalui olahraga perairan di kalangan generasi nasional sekaligus memunculkan atlet-atlet baru yang handal dan profesional,” jelasnya. (Enel – Sultra)

loading...