PB Ternate Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) berhasil meringkus lima pengguna dan pengedar narkotika jenis shabu di wilayah Ternate di waktu yang berbeda.(5/10).

Kelima pelaku tersebut adalah Adhi Jaya alias Adi (29),Akib Solissa alias Akib (40),Hamka Ekoran alias Hamka (27) dan Irsandi alias Iki (28) serta Adjtya Marcelino Pelealu alias Adit (31)

Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Richard M Nainggolan mengatakan bahwa penangkapan Adhi Jaya yang bekerja sebagai tukang ojek dan beralamat di Kelurahan Kalumata Ternate serta Akib yang sehari – harinya pekerja swasta  beralamat di Kelurahan Kasturian Ternate ituberdasarkan hasil surveillance (pengawasan) petugas BNNP Malut dari kota Sanana Kepulauan Sula.

“Adhi Jaya di tangkap petugas saat sedang transaksi narkoba jenis shabu di depan Kampus B UMMU Kelurahan sasa pada tanggal 30 September 2017,dengan barang bukti di tangan sebanyak 4 (empat) paket shabu”ungkapnya saat konferensi pers di kantor BNNP Malut.

Richard menjelaskan anggotanya juga berhasil menangkap rekan Adhi yang bernama Akib di samping kantor Polsek Ternate Utara kelurahan Kasturian dan mendapatkan barang bukti (BB)sebanyak 21 paket shabu.

” Atas informasi tersangka Adit tentang barang haram miliknya yang dititipkan kepada Akib,sehingga total BB yang di dapat dari kedua pelaku sebanyak 25 paket shabu dengan berat 14,25 gram serta 1 HP Nokia warna hitam dan 1 HP Samsung warna putih serta 3 korek api yang sudah di modifikasi dan satu set alat hisap shabu (bong)”,jelasnya.

Kepala BNNP menerangkan untuk ketiga tersangka lainnya telah di ringkus sebelum penangkapan  Adhi dan Akib.

“Hamka dan Iki di tangkap pada tanggal 24 September 2017 di Kelurahan Bastiong Talangame dengan BB shabu  seberat 0,50 gram ,1 HP Nokia, 1 HP Samsung,1 unit sepeda motor merek Yamaha Mio J dan dua korek gas yang sudah di modifikasi serta satu sesotan plastik yang sudah di modifikasi”, terang Richard.

Lanjutnya untuk tersangka Aditya petugas menangkap di rumahnya di Kelurahan Kampung Makasar Timurt dengan barang bukti narkotika jenis shabu seberat 0,35 gram ,1 HP Iphone warna hitam,1 pembungkus rokok Djisamsoe dan satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio Soul.

“Kelima tersangka akan di kenakan pasal 112 ayat (1) dan (2),pasal 114 ayat (1) dan (2) serta pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang –  undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika”,tutupnya.(Arief Muluk)

loading...