(PB) Jakarta – Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia akhir September 2017 tercatat USD129,4 miliar. Posisi ini naik USD600 juta dibandingkan dengan posisi akhir Agustus 2017 yang sebesar USD128,8 miliar.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kenaikan cadangan devisa ini menunjukkan kondisi makro ekonomi Indonesia semakin baik. Apalagi kata Agus, pemulihan ekonomi terus berjalan dan fundamental ekonomi terjaga.

“Kita melihat dari sisi pertumbuhan ekonomi di kuartal III ini menunjukkan kondisi banyak perbaikan dari sisi investasi, investasi bangunan, non bangunan, kinerja ekspor, itu semua menunjukkan kondisi perbaikan, bahkan di penjualan ritel juga menunjukkan kondisi yang lebih baik,” kata Agus di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Agus melihat, pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 akan berada di range 5% hingga 5,4%. Selain itu, inflasi juga akan terjaga dengan baik. Sebagai catatan, inflasi bulan September sebesar 0,13% dan secara year on year, inflasi berada di level 3,72%.”Kita mengikuti survei mingguan juga menunjukkan bahwa di bulan Oktober ini, itu adalah inflasi di kisaran 0,3% dan itu dilihat year on year ada di kisaran 3,61%, jadi seperti yang kita sampaikan di bulan September, kita melihat bahwa inflasi kita sesuai sehingga target bahkan untuk tahun 2018-2019 inflasi kita mengarah pada titik tengah dari range target inflasi yang dicanangkan, jadi inflasi terkendali dengan baik,” katanya.

Sementara itu, dari sisi Neraca Pembayaran Indonesia juga terjaga kuat. BI menyakini Neraca Pembayaran Indonesia bisa mencapai USD11 miliar dan kondisi ini terlihat dari meningkatnya cadangan devisa.” Cadangan devisa Indonesia ke tingkat yang tertinggi seperti sekarang ini, kita sama-sama mengikuti bahwa kondisi inflasi yang terjaga, balance payment atau neraca pembayaran yang sehat, perdagangan yang baik ini semua yang mendukung Bank Indonesia ketika di bulan September memotong policy rate kita 25 basis poin dan kita berharap bahwa pemulihan kondisi ekonomi indonesia terus berlanjut, ujarnya.

Danil ( Sumber okezone)

loading...