(PB) Jakarta – Para Alumnit Institut Teknologi Bandung (ITB) menolak keras ucapan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) seolah-olah Alumni ITB mendukung pencabutan moratorium reklamasi Jakarta.

Dalam pernyataan sikap yang beredar di media sosial disebutkan, para alumni mengemukakan, walaupun Ridwan Djamaludin adalah Ketua Ikatan Alumni (IA) ITB tetapi dalam hal yang terkait reklamasi saudara Ridwan Djamaludin adalah bawahannya Menko Kemaritiman LBP,  sehingga tidak layak nama Alumni ITB dibawa-bawa karena tidak independen dan terdapat conflict of interest.

“Untuk itu,  kami para Alumni ITB menegaskan Sikap bahwa Kami Menolak Reklamasi Jakarta dan kami akan selalu bersama rakyat untuk  menolak pencabutan moratorium reklamasi yang dilakukan oleh Menko Bidang Kemaritiman,” demikian bunyi pernyataan sikap yang mencantumkan puluhan nama alumni dari berbagai angkatan.

Sebelumnya Luhut Panjaitan mengakui pencabutan moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi sudah didahului sejumlah kajian.

“Enggak ada (komentar), sudah saya teken kemarin. Ya udah itulah (tetap dilanjutkan),” kata Luhut di Medan, Jumat (6/10).

Menurut Luhut, pencabutan moratorium itu tidak perlu lagi negosiasi dengan pihak mana pun. Alasannya, semua sudah melalui kajian. “Ini ketuanya Pak Ridwan, Ketua Alumni ITB, yang membuat kajian itu,” jelas Luhut.

Daniel (sumber repelita)

loading...