PB, JAKARTA – Sekretaris negara melalui akunnya menuliskan jika peresmian tempat wisata Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat baru berhasil dilakukan oleh Presiden Jokowi. Setelah 29 tahun mangkrak karena tidak ada presiden sebelumnya yang berhasil melakukan pembebasan lahan.

“Presiden @jokowi menandai peresmian KEK Mandalika Lombok dgn investasi 13 T, setelah 29 tahun tdk terselesaikan krn masalah pembebasan tanah.” tulis Pramono melalui akunnya @pramononanung.

Rupanya Pramono tidak terlalu rajin untuk mencari tahu apa yang sebenarnya telah terjadi sebelum Jokowi menjadi presiden terkait dengan keberadaan wisata Mandalika. Karena dari hasil penelusuran, ternyata mantan Presiden SBY pada tahun 2011 telah meresmikan wisata Mandalika dengan nilai investasi sebesar Rp. 27 trilyun.

Tahun 2011 SBY meresmikan wisata Mandalika dengan ditandai peletakan batu pertama, dan dalam pidatonya yang dimuat oleh beberapa media, proyek dengan nilai 27 trilyun ini akan diselesaikan dengan jangka waktu 10 tahun. Bahkan SBY berpesan dan meminta secara khusus agar selalu menjaga alam dengan potensinya.

Bahkan SBY sempat menyinggung terkait dengan maslaha kebersihan yang harus dijaga terus menerus, karena Mandalika kedepannya akan menjadi kunjungan wisatawan internasional. “Jangan hanya karena presiden datang lalu dibersihkan,” ujar SBY ketika tiba di NTB untuk meresmikan proyek Mandalika, masih tampak sampah di sepanjang jalan. Sambil menambahkan, “Jika bersih, kita tidak ingin berbuat jahat, tidak ingin korupsi.”

Hal ini tentu saja menampik komentar para netizen yang menganggap jika Pramono Anung seharusnya bisa lebih jeli dengan Wisata Mandalika, Karena proyek ini sudah dimulai dari jaman SBY menjabat, dan hanya diteruskan oleh Presiden Jokowi.

Bahkan Presiden Jokowi juga tidak kalah sumringahnya ketika mengupload video vlog miliknya sambil mengajak Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi untuk membuktikan jika Wisata Mandalika baru dikerjakan oleh pemerintahannya. Namun wajah Majdi tidak tersenyum, karena ditengarai jika Gubernur sudah tahu jika Wisata Mandalika telah dimulai sejak SBY dan hanya diteruskan oleh Jokowi, namun dibuat seolah-olah baru dikerjakan di jaman Jokowi.

Dalam vlog milik Jokowi, Gubernur NTB hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada presiden, namun tidak ikut membenarkan apa yang diucapkan oleh Jokowi jika sudah 29 tahun proyek Wisata Mandalika terbengkalai, dan baru dikerjakan.

(jall)

loading...