PB, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza, dan Mueeza oleh Rasulullah mendapatkan perlakuan istimewa. Ketika Mueeza tidur dijubah milik Nabi yang akan dipakai, dengan terpaksa Nabi memotong jubahnya yang sedang dipakai Mueeza tidur.

Bahkan kisah tersebut bukan hanya sampai disitu, ketika Nabi kembali ke rumah, dan Mueeza yang sudah terbangun, kemudian melihat Nabi masuk, menundukkan kepala seperti bersujud, dan Nabi akhirnya mengelus badan Mueeza sebanyak tiga kali. Bahkan ketika menerima tamu, terkadang Mueeza diletakkan dipangkuan Nabi. Selain itu Nabi menyukai Mueeza ketika Adzan dikumandangkan, Mueeza mengeluarkan suaranya yang seolah-olah sedang ikut melantunkan Adzan.

Hingga akhirnya Nabi berpesan kepada pengikutnya agar selalu memperlakukan dan menyayangi  kucing peliharaan di rumah seperti keluarga sendiri. Adapun salah satu hadist yang diriwayatkan oleh HR Bukhari tentang kucing dari Rasulullah SAW adalah, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,

Bahkan beberapa riwayat hadish mengatakan jika air minum bekas kucing tidaklah najis jika digunakan untuk berwudhu. Hal ini diriwayatkan oleh H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni dimana Rasulullah Saw bersabda, “Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing.”

Untuk membuktikan hal itu, sebuah keluarga mencoba untuk melihat apakah seekor kucing mengerti dan tahu soal Islam, terutama bagaimana sikap kucing terhadap kitab suci umat Islam Al Qura. Dan hasilnya, video yang disebarkan tersebut memperlihatkan bagaimana kucing yang mencoba mengejar buruannya tidak mau menginjak bahkan tidak ingin menyentuh tulisan Al Quran yang berada di hadapannya.

Namun berbeda ketika Al Quran digantikan dengan sebuah buku biasa, kucing milik keluarga tersebut, tanpa ragu langsung naik ke atas buku tersebut dan fokus untuk mengejar buruannya yang sedang dipegang oleh pemiliknya. Berikut video yang diunggah melalui jejaring sosial dan dibagikan oleh para pengguna lainnya.

 

loading...