PB JAKARTA – Persija Jakarta berhasil meraup poin sempurna melawan Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2017, Jumat (3/11/2017) di Stadion Manahan Solo, sebagai laga usiran pertama dengan alasan keamanan.

Duel di laga el clasico jilid dua ini yang seharusnya digelar di markas Macan Kemayoran di stadion Patriot Bekasi Jawa Barat, Bambang Pamungkas dkk berhasil mengalahkan tamunya dengan skor 1-0.

Gol berhasil dicetak oleh striker Bruno Lopez. Sebelumnya, Bruno diganggu oleh pemain bertahan Persija saat terjadi kemelut di depan gawang Persib. Dari tayangan lambat, terlihat kompatriot Bepe di lini depan skuad Persija ini ditendang dari belakang pada bagian kakinya oleh pemain Persib.

Alhasil wasit tanpa ampun menghadiahi Persija dengan tendangan penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Bruno di menit 75.

Di laga babak  pertama sebenarnya penyerang Persib, Ezechiel N’ Douassel  berhasil menciptakan gol melalui sundulan kepalanya di menit 28 usai menerima umpan krosing , namun gol tersebut dianulir wasit karena wasit tidak melihat jelas alur masuknya bola tersebut. Dalam tayangan lambat, bola hasil sundulan Ezechiel mengenai rumput lalu memantul ke atas (sisi bagian dalam) gawang Persija, usai memantul ke bagian dalam pada sisi atas gawang, bola kemudian memantul dengan cepat keluar area gawang, proses cepat masuknya bola tersebut tak terlihat jelas oleh pengadil lapangan serta asistennya.

Lanjut ke babak dua. Usai gol pertama terjadi pada paruh kedua melalui eksekusi penalti tadi. Jual beli serangan masih intens dilakukan oleh kedua tim. Malapetaka pun terjadi. Memasuki menit 80, pertandingan sempat terhenti lantaran terjadi kemelut atas hadiah pelanggaran yang dilakukan pemain Persib, Vladimir Vujovic yang berhadiah ganjaran kartu kuning.

Vladimir melakukan pelanggaran keras terhadap Rezaldi Hehanusa. Atas ganjaran kartu kuning tersebut, Vladimir melakukan protes melalui kata-katanya sambil berjalan membelakangi wasit, namun nasib sial menghampirinya, sang wasit langsung mengejar Vladimir dan memberi hukuman kartu kuning kedua alias kartu merah, yang berarti Vladimir harus keluar lapangan. Atas putusan wasit inilah yang menjadi alasan Persib enggan melanjutkan pertandingan. Persib memilih keluar lapangan lebih awal saat waktu pertandingan memasuki menit 82.

Sementara itu Kapten Persija, Ismed Sofyan menyayangkan‎ aksi ‘Walk Out’ tim Persib Bandung akibat tidak terima putusan wasit yang memberi ganjaran dua kartu kuning kepada. Ismed mengaku timnya kerap diteror, dipukul, di intimidasi di Bandung namun Persija tetap melanjutkan pertandingan hingga usai.

Akibat aksi WO-nya,  Persib diprediksi bakal dikenai sanksi oleh komdis panpel.‎ (Beby Siahaya)

loading...