PB SAMARINDA. “Serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD seperti yang kita laksanakan sekarang ini,  pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD khususnya jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalisme dan mampu melaksanakan tugas – tugas kewilayahan yaitu Menyiapkan potensi wilayah untuk dijadikan kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara”.

Hal ini yang disampaikan Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos bertindak sebagai inspektur upacara pada serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 0909/Sangatta (Sgt) dari Letkol Inf Setyo Wibowo kepada Letkol Inf Kamil Bahren Pasha dan Dandim 0911/Nunukan (Nnk) dari Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos   kepada Letkol Czi Abdilah Arif,di Hall Makorem Jln Gajah Mada, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (8/11/2017).

IMG-20171108-WA0151Danrem menjelaskan bahwa kondisi dan situasi wilayah Kodim 0909/Sgt dan Kodim 0911/Nnk yang relatif kondusif dan aman hingga saat ini, adalah cermin dari kinerja satuan yang mampu bersinergi dengan semua instansi terkait, hal tersebut dapat dibuktikan dengan terlaksananya berbagai kegiatan yang bersifat program maupun non program, sehinggga dapat saya nilai satuan telah bekerja dengan baik.

Danrem juga memberikan penekanan kepada para Dandim baru dalam pelaksanaan tugas ke depan perlu memperhatikan beberapa hal :

Ancaman terorisme di wilayah sebagai salah satu wujud ancaman nyata terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan bangsa dan keselamatan seluruh bangsa Indonesia. Ancaman tersebut bersifat laten, dinamis, dapat muncul secara tidak terprediksi, mendadak dan berpengaruh secara langsung terhadap stabilitas nasional. Oleh karena itu, pemberdayaan seluruh komponen bangsa dalam penanggulangan terorisme harus dilakukan secara komprehensif.

Berikutnya masalah penyalahgunaan Narkoba, dimana Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa, karena sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial. Untuk itu saya perintahkan kepada pejabat Dandim baru agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan secara internal dan eksternal di satuan, serta lakukan koordinasi intensif dengan Polri dan BNN dalam penanggulangannya.

IMG-20171108-WA0152Keanekaragaman suku di wilayah Kaltim dan Kaltara juga berpotensi terjadinya konflik Sara, untuk itu kepada pejabat Dandim, agar melakukan pendekatan secara persuasif. Adakan kegiatan – kegiatan sosial yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga terciptanya iklim yang kondusif, aman dan damai.

Khusus wilayah Nunukan sebagai daerah perbatasan, perlu meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan instansi terkait agar tercipta stabilitas di wilayah perbatasan.

Acara pokok penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan komandan serta penyerahan tongkat komando yang dilakukan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos, dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan komandan dan juga pembacaan serta penanda tanganan pakta integritas. Usai acara pokok, dilanjutkan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN oleh masing-masing pejabat baru, maupun mantan pejabat Komandan Kodim 0909/Sgt dan Komandan Kodi 0911/Nnk. (Red/Penrem 091/ASN).

loading...