PEMBAWABERITA.COM – Universitas dimanapun di dunia ini, selalu memiliki Fakultas Hukum untuk mahasiswanya, bahkan Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas yang menjadi favorit kalangan mahasiswa, terutama yang ingin berkarir di politik.

Namun dari sekian banyak Universitas terkenal dan mentereng di belahan dunia ini, Universitas Harvard adalah salah satu Universitas yang memiliki Fakultas Hukum terbaik di dunia, selain Presiden Obama yang pernah menjadi alumninya, masih banyak lagi lulusan lulusan hukum dari Harvard menjadi pengacara atau politikus terkenal lainnya.

Kalau anda datang ke fakultas Hukum Harvard University, dipintu masuk perpusatakaan terpampang jelas tulisan tentang konsep keadilan, dari Agustino Hippo, Magna Carta, Thomas Aquinos dan dari Al Quran. Dari Al Quran ? Benar, yaitu konsep keadilan berdasar surat Annisa ayat 135 yang berbunyi :

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُونُوا قَوّٰمِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَآءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلٰىٓ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوٰلِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلٰى بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰىٓ أَنْ تَعْدِلُوا ۚ وَإِنْ تَلْوُ ۥ ٓا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

Wahai orang-orang yang beriman. Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Maha teliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.”
(QS. An-Nisa’: Ayat 135).

Bahkan diantara ketiga pilihan konsep tersebut, Al Quran dipilh sebagai konsep terbaik diantara alkitab agama lainnya di dunia, dan dipasang di dinding pintu masuk perpusatakaan fakultas hukum.

Faculty members Harvard University ketika ditanya mengapa memilih menempatkan ayat Al Quran pada pintu masuk mereka, mereka menjawab bahwa mereka telah menelusuri berbagai konsep dan teori hukum yang ada dan tersebar didunia dan mereka sampai pada kesimpulan bahwa konsep keadilan yang diungkapkan oleh Quran surah Annisa adalah merupakan konsep yang terbaik, terlengkap dan terfair yang pernah ada dan mereka temukan.

 (jall/sumber’ suminta)
loading...