PB | JAKARTA | Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Keb|udayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral Indonesia Jepang di Hotel Diamond, Manila, Filipina, pada Minggu (12/11).
Menurut Kepala Biro Hukum, Informasi dan Persidangan Kemenko PMK, Sudarman, kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela kunjungan kedua pemimpin untuk menghadiri rangkaian KTT ASEAN ke-31 dan KTT lainnya.
Selain Menko Puan, kata Sudarman, beberapa menteri juga ikut mendampingi Presiden Joko Widodo seperti Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, dan Sekretaris Kabinet.
“Pertemuan bilateral tersebut didahului dengan peluncuran logo 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Lalu diikuti dengan pembahasan kegiatan-kegiatan commemorative yang dapat dilakukan kedua negara dalam memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang,” lanjutnya.
Pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe juga membicarakan berbagai kerja sama investasi yang terkait dengan pengembangan infrastruktur di Indonesia.
Setelah melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana akan menghadiri acara “Special Gala Celebration for The 50th Anniversary of ASEAN”, yang diadakan di SMX Convention Center, Manila.
Selain agenda tersebut, Menko Puan juga diundang hadir dalam KTT ASEAN ke-31 selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN di Indonesia yang telah menuntaskan 11 (sebelas) deklarasi ASEAN di bidang Ketenagakerjaan, Kesehatan, Kepemudaan, dan Lingkungan Hidup.
“Sebelas deklarasi tersebut akan ditandatangani maupun diadopsi oleh para Kepala Negara ASEAN dalam sesi Pleno KTT ASEAN ke-31 besok (13/11),” tuturnya. (Agus)

loading...