PB, BANDUNG – Usai Ketua Majelis Hakim, M Sapto membacakan putusan terhadap Buni Yani dengan hukuman selama 1,5 tahun para pendukung dan peserta aksi yang berada di luar langsung merapatkan barisan, dan para ulama yang mengikuti sidang langsung keluar dan menuju ke mobil komando aksi.

“Ini Hakim sudah tidak jujur dalam memutuskan perkara, dan kamimakan tetap bertahan disini sampai kami mengetahui kejelasan Buni Yani apakah ditahan,” ujar salah satu ulama yang mengawal sidang.

Buni Yani sendiri usai sidang langsung menuju ke mobil dan kembali ke tempat menginap, namun para peserta aksi dan pendukung Buni Yani yang terdiri dari beberapa Ormas, diantaranya FPI, Bang Japar, PPMI, Kobar dan beberapa elemen organisasi lainnya tetap bertahan di bawah guyuran hujan.

Mereka tetap bertahan dikarenakan keinginan untuk mengetahui kejelasan dan mendengar langsung dari ucapan Buni Yani dan pengacaranya. Akhirnya Buni Yani beserta pengacaranya langsung kembali ke lokasi orasi di depan Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung.

Dibawah guyuran hujan, para peserta aksi mengumandangkan shalawat mengiringi kedatangan Buni Yani bersama dengan pengacaranya Aldwin Rahardian, dan langsung naik ke mobil komando dan berorasi.

“Ini kriminalisasi, fakta fakta persidangan yang meringankan tidak dipakai oleh pihak hakim, mereka telah melakukan kriminalisasi,” ujarnya sambil bertakbir.

Sementara itu Aldwin yang mendapat kesempatan kedua, mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh peserta yang tidak gentar ataupun mundur walaupun pasukan keamanan dari kepolisian yang terdiri dari Brimob dan Anggota Sabhara Polda Jabar tetap berdiri mengawasi para peserta aksi yang tetap tidak bergeming walaupun hujan turun sangat deras.

“Terima kasih kalian sudah ada disini, kami cukup heran karena fakta fakta yang diungkapkan oleh tim ahli yang kami ajukan, termasuk Profesor Yusril (Ihza Mahendra) tidak dipakai, justru tim ahli yang lulusan perdata namun bersaksi dalam kasus pidana yang dipakai,” ujarnya kepada peserta aksi yang langsung disambut dengan koor mencibir hakim.

Usai Buni Yani dan Aldwin memberikan keterangan langsung, dan mengetahui jika Buni Yani tidak ditahan dan mengajukan banding, para peserta aksi sebelum membubarkan diri, menyatakan akan ikut mengawal dalam sidang pengadilan tinggi nanti.

(jall)

loading...